Adu Fitur Suzuki Baleno Hatchback Dan All New Hyundai i20

Suzuki Baleno Hatchback akhirnya tiba. Kedatangannya pun langsung disambut dengan persaingan dari All New Hyundai i20 yang sudah berusia satu tahun.

Mobil ini layak dijadikan lawan yang paling pas untuk Suzuki Baleno Hatchback karena Hyundai i20 memiliki banyak kesamaan dengan amunisi baru Suzuki itu.

Namun yang paling menarik untuk diadu dari Suzuki Baleno Hatchback dan All New Hyundai i20 adalah fitur. Apalagi kedua mobil ini memiliki fitur yang tak bisa dibilang minim.

Seseru apa perang fitur antar dua hatchback beda negara ini? Berikut pembahasannya.

Lampu Utama

Biar gak malu sama Suzuki Ignis yang lebih murah, maka Suzuki Baleno Hatchback juga hadir dengan membawa lampu utama yang sudah dilengkapi dengan proyektor dan DRL.

Tampilan depan All New Hyundai i20 terlihat sederhana karena lampu utamanya masih menggunakan halogen biasa. Supaya gak terlalu standar, di bawah fog lamp terpasang LED DRL yang bikin mobil ini jadi terlihat sedikit lebih menarik.

Suzuki Baleno Hatchback terkesan lebih mewah karena ia sudah dilengkapi dengan keyless entry yang membuat kita tak perlu lagi menakan remote untuk membuka atau mengunci pintu.

Hasil dari kamera depan

Begitu juga ketika hendak mematikan atau menyalakan mesin, tak perlu lagi memutar anak kunci karena Baleno Hatchback juga sudah mempunyai start/stop engine button yang terletak di sebelah kanan dasbor.

Fasilitas keyless entry dan start/stop engine button absen di All New Hyundai i20. Mobil ini masih mengandalkan anak kunci bermodel folded key namun sudah dilengkapi dengan sistem anti maling immobilizer.

MID

Baik Suzuki Baleno Hatchback maupun All New Hyundai i20 sama-sama mempunyai MID sebagai standar. Tapi, MID pada Hyundai i20 masih lebih lengkap dari Baleno Hatchback.

Itu karena MID pada All New Hyundai i20 juga dilengkapi dengan spidometer digital dan indikator posisi gigi apabila kita mengemudi dalam posisi transmisi di mode manual.

Head Unit

Untuk masalah ini, All New Hyundai i20 lebih unggul dari Suzuki Baleno Hatchback. Sebab, i20 sudah memiliki head unit layar sentuh berukuran delapan inci sebagai standar. Bahkan head unit ini juga bisa menampilkan navigasi.

Dalam kondisi standar, Suzuki Baleno Hatchback memakai head unit 2DIN biasa. Namun, Suzuki menyediakan head unit layar sentuh OEM dengan harga yang belum diketahu

Di saat pemilik All New Hyundai i20 harus puas dengan pengaturan ac konvensional model putar. Calon pemilik Suzuki Baleno Hatchback justru sudah kedapatan AC climate control.

AC climate control milik Suzuki Baleno Hatchback memang belum dual zone, tapi sudah dilengkapi dengan mode auto. Tampilan AC-nya juga menarik karena berbentuk bulat.

Sebagai kompensasi dari absennya AC climate control, di balik konsol tengah Hyundai i20 terdapat sepasang ventilator AC untuk penumpang belakang. Itu adalah satu fitur yang tak dimiliki oleh Suzuki Baleno Hatchback.

Transmisi

Transmisi otomatis yang dipakai oleh Suzuki Baleno Hatchback dan All New Hyundai i20 adalah yang berteknologi konvensional dengan empat tingkat percepatan.

Meski sama saja, tapi Hyundai i20 terasa lebih menyenangkan karena terdapat mode manual pada mobil ini. Meski perpindahannya bisa diatur layaknya mobil manual, tapi Hyundai i20 masih belum dilengkapi dengan paddle shift.

Hyundai i20

Suzuki Baleno hatchback memang tidak memiliki mode manual pada transmisinya. Tapi, posisi giginya lebih banyak yakni P,R,N,D,2, dan L. Sedangkan Hyundai i20 hanya P,R,N, dan D.

Nah, jadi mana yang lebih menarik antara keduanya? Silakan menilai sendiri.

Sumber

Posted in News and tagged , , .