Alasan Mobil Suzuki laris di Negara India

Alasan Mobil Suzuki laris di Negara India | Sepak terjang Suzuki di India sepertinya akan sulit dibendung para kompetitor, paling tidak untuk beberapa dekade ke depan. Sinyal itu terlihat dengan kesuksesan Maruti Suzuki menguasai pasar otomotif di India.

Seperti yang dilansir Goauto, enam mobil Suzuki berhasil masuk dalam daftar 10 mobil paling laris. Bahkan empat besar teratas berhasil dikuasai pabrikan asal Jepang itu.

Suzuki Alto, Dzire, Swift, dan WagonR berhasil masuk empat besar. Dan dominasi Suzuki dilengkapi dengan keberhasilan Celerio nangkring di peringkat tujuh dalam daftar mobil terlaris di India hingga Maret 2016. Sedangkan mobil van andalan Suzuki, Omni berhasil menduduki peringkat sembilan.

Yang menjadi pertanyaan, apa kunci sukses Suzuki berhasil mengusai pasar salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu?

Rupanya, kesuksesan Suzuki di India hingga mendapatkan laba bersih sebesar US$566,9 juta karena kejelian mereka meluncurkan produk-produk mobil mungil.

Berbeda dengan Indonesia yang kini tengah gandrung dengan mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV), di India justru lebih menyukai mobil-mobil mungil terutama yang bermesin bensin.

“Kami yakin mobil bensin kecil hanya akan memberikan dampak biaya kecil paling tidak dalam lima tahun ke depan. Sedangkan untuk mobil medium dan besar tentu akan berpengaruh lebih besar (biaya),” tulis pernyataan resmi perusahaan pialang Nomura.

Hegemoni Suzuki Motor Corporation di India dimulai pada 1981 saat menjalin kerja sama dengan pemerintah India. Mereka memulai kerja sama ini dengan memproduksi mobil bensin mungil, Maruti 800. Produk ini langsung meledak dengan mencatat penjualan lebih dari dua juta unit.

Sejak itu, Maruti Suzuki fokus menghadirkan mobil berbahan bakar bensin dengan ukuran mungil. Salah satunya Maruti Alto 800cc yang mampu terjual hingga lebih dari 3 juta unit hingga saat ini.

Sumber

Posted in News and tagged , , .