Apa Yang Menjadi Kelebihn Suzuki Vitara Brezza

Apa Yang Menjadi Kelebihn Suzuki Vitara Brezza | Setelah diperlihatkan di India, Suzuki akhirnya akan memasarkan Suzuki Vitara Brezza ke Indonesia. Tak perlu lama, tahun ini juga Suzuki Vitara Brezza akan menyapa publik nusantara.

Ketika diperkenalkan di India beberapa waktu lalu, Maruti Suzuki mengklaim Vitara Brezza adalah sebuah mobil yang memiliki karakter kuat, maskulin dengan desain dinamis. Visual yang menarik itu kemudian dikombinasikan dengan interior serbaguna khas sebuah SUV.

“Jimny akan hanya masuk pasar fleet. Untuk pasar umum, kemungkinan besar Vitara yang akan kami masukkan. Sekarang sedang di tes,” bisik seorang sumber Mobil123 di Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Pria yang tak mau namanya disebutkan itu mengungkapkan kalau inilah titik balik Suzuki dan jawaban Suzuki pada konsumen yang merindukan SUV dari brand berlambang huruf ‘S’ itu.

“Baleno agak sulit. Tapi kalau Vitara sangat dinanti,” tambahnya.

Suzuki Vitara Brezza sendiri diambil dari bahasa Italia yang berarti “fresh breeze” atau “angin segar”. Mungkin, Suzuki ingin memberikan kesegaran di segmen SUV Compact.

Sekilas Suzuki Vitara Brezza
Untuk mendesain eksterior mobil ini pada desainer Suzuki bekerja keras untuk meracik sebuah mobil yang mampu tampil gagah namun tetap enak untuk dilihat. Hasilnya, Vitara Brezza tampil menawan.

Di bagian depan ada grille yang kecil tapi tetap berkarakter berpadu dengan bumper mengkotak. Kehadiran lampu LED yang menurut Maruti Suzuki bagai sebuah ‘mata banteng’ menjadi indikator kalau mobil ini datang dari masa kini.

Garis tegas di bagian depan itu kemudian mengalir ke samping. Garis atapnya yang melandai diklaim Suzuki menjadikan mobil ini jadi lebih dinamis dan berkat kehadiran ban berukuran besar serta fender agak mengkotak aura kekar mobil ini tersembur kuat.

Vitara Brezza juga diklaim telah dilengkapi dengan jaminan keamanan karena menjadi mobil pertama di India yang lolos sertifikasi tes tabrak. Padahal standarisasi ini baru akan diberlakukan di India pada tahun 2017.

Sedangkan ketika masuk ke kabin, interior Vitara Brezza menyuguhkan sebuah dashboard kontemporer dengan tata letak yang ergonomis. Salah satu nilai jual utama bagi Vitara Brezza adalah kabin yang luas karena mobil ini menawarkan ruang yang dapat digunakan secara maksimal dengan proporsi yang tepat.

Dengan tinggi 1.640 mm, Vitara Brezza menawarkan ruang kepala yang lega. Sedangkan kapasitas kargo yang mencapai 328 liter seolah menjadi jawaban bagi mereka yang suka beraktifitas luar ruangan.

Fitur lain yang membawa kenyamanan di Vitara Brezza termasuk rain sensing wiper, auto headlight hingga cruise control sudah disediakan. Ini menjadikan Vitara Brezza terdepan di kelasnya.

Selain itu, aplikasi Total Effective Control Technology (TECT) membuat Vitara Brezza mampu memberikan perlindungan penumpang yang lebih mumpuni. Apalagi airbag di bagian pengemudi sudah menjadi standar di semua varian meski airbag penumpang depan dan ABS serta EBD ditawarkan sebagai opsi.

Mesin Irit
Sebagai mesin penggerak, Vitara Brezza mengandalkan mesin diesel DDiS 200 yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed. Maruti Suzuki mengatakan kalau mesin bensin untuk Vitara Brezza akan menyusul dilahirkan.

Mesin diesel yang digendong Vitara Brezza sendiri mampu memperlihatkan 88,5 bhp di 4.000 rpm dengan torsi 200 Nm di 1.750 rpm. Menurut Suzuki, kekuatan tersebut cukup untuk membawa Vitara Brezza menjelajah ke berbagai tempat.

Namun meski memiliki kekuatan cukup, Vitara Brezza tetap bisa memberikan efisiensi bahan bakar yang membuat kaget karena Maruti Suzuki mengklaim tingkat efisiensi mobil ini mencapai 24,3 km/liter, tertinggi di kelasnya.

Dan yang lebih menarik, mobil yang dilepas dalam 7 varian ini ternyata dijual dengan harga cukup murah yakni mulai dari Rs 6,99,000 sampai Rs 9,68,000 atau sekitar Rp 136,5 juta sampai Rp 189 juta saja.

“Untuk detail, sampai ke pemilihan mesin, nanti saja ya mas,” elak sang sumber. [Syu/Idr]

Sumber

Posted in News and tagged , , , .