Apakah Mobil LCGC Suzuki Boleh Gunaka Campuran Ethanol

Apakah Mobil LCGC Suzuki Boleh Gunaka Campuran Ethanol | Pilihan bahan bakar yang direkomendasikan buat “mobil murah” Suzuki Karimun Wagon R adalah jenis tanpa timbal dan minimal RON 92 atau sekelas Pertamax. Meski begitu, seperti tertera dalam buku manual, mesin K10B 3-silinder 998cc juga bisa dioperasikan memakai bahan bakar campuran ethanol.

Ada dua jenis campuran yang diperbolehkan, yakni bensin tanpa timbal dengan kandungan etanol (etil alkohol) atau metanol (metil alcohol/spiritus). Ketersediaan bensin campur jenis ini di Indonesia soal lain, namun bila tidak nyaman menggunakannya pemilik bisa beralih lagi ke Pertamax.

Suzuki memberikan syarat bila ingin menggunakan salah satu jenis bensin campuran alkohol. Dianjurkan bensin tanpa timbal dicampur tidak lebih dari 10 persen etanol dan pastikan nilai oktan tidak berkurang.

Sementara buat kandungan metanol jangan lebih dari lima persen. Suzuki menegaskan tidak menjamin kerusakan yang disebabkan salah aturan pakai. Jika lebih atau kurang anjuran Suzuki mengingatkan sistem bahan bakar bisa rusak atau kemampuan mesin akan menurun.

Hal penting lain yang harus disimak, kerusakan cat bodi dalam proses pengisian bensin campur alkohol tidak dijamin. Maka itu segera bersihkan bensin campuran alkohol yang tumpah di sekitar bodi.

Sumber

Posted in News and tagged , , .