Arti Istilah Ergonomis pada Mobil

Arti Istilah Ergonomis pada Mobil | Dalam dunia otomotif khususnya mobil, istilah ergonomis biasa ditemukan, terutama ketika mendeskripsikan sebuah kenyamanan duduk di dalam kabin mobil. Semakin nyaman mobil, itu berarti perancang mobil menerapkan konsep ergonomis dengan baik, tentu sesuai dengan pasar di mana kendaraan itu dijual.

Mengutip buku Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, untuk kata ergonomi sendiri, diartikan sebagai sebuah ilmu tentang segala pertimbangan dalam usaha mendesain sebuah benda, fasilitas atau lingkungan buatan (kabin mobil), yang acuannya manusia, dan tujuannya membuat manusia tersebut nyaman. Jadi kalau ergonomis (kata sifat), berarti fasilitas yang memiliki sifat ergonomi.

Didi Ahadi, Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) coba lebih mengerucutkan makna ergonomis dalam kebutuhan berkendara. Di mana desain yang disebut ergonomis, mampu menjamin pengemudi dan penumpang untuk merasa nyaman dan aman selama perjalanan.

“Ergonomis terkait dengan tubuh manusia saat berinteraksi di dalam kendaraan. Kalau tidak ergonomis, bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh merasa sakit atau bisa dikatakan pegal-pegal, di leher maupun di pundak. Jadi kita perlu memeriksa segala aspek dari aktifitas manusia di dalam mobil,” ujar Didi kepada KompasOtomotif, Kamis (8/9/2016).

Selain itu, kata Didi, yang tergolong ke dalam kategori ergonomis, yaitu bagaimana memposisikan instrumen di dalam kendaraan, tombol pengaturan, panel indikator atau fitur-fitur yang ada dalam mobil di posisi yang tepat. Apakah semua itu bisa dioperasikan dengan mudah dari bangku pengemudi atau penumpang sehingga memberikan kenyaman dan keamanan?

Didi melanjutkan, karena itu, ketika akan membeli mobil, jangan pernah abaikan pertimbangan sisi “ergonomis”. Seperti salah satunya, apakah bangku mobil bisa disesuaikan dengan posisi berkendara yang nyaman sesuai dengan postur tubuh, serta tidak kerepotan dan kesulitan kala menginjak pedal (gas, rem, kopling), melihat ke depan dan ke kaca spion kanan, kiri serta belakang, atau menjangkau instrumen di dalam mobil.

Sumber

Posted in News and tagged , .