Bahaya Menyalakan AC Mobil di RPM Tinggi

Bahaya Menyalakan AC Mobil di RPM Tinggi | Kerusakan sistem AC pada mobil pasti ada kaitannya dengan perlakaun para pengguna AC. Tidak mungkin AC itu bermasalah dengan sendrinya, kecuali memang sudah waktunya ganti atau sudah tua mesinnya.
Walaupun dengan penggunaan yang sedikit ceroboh dan terus menurus namun berdampak buruk terhadap AC tersebut, tunggu saja pasti AC tersebut tidak bertahan lama sebagaimana mestinya. Contohnya ketika mwsin menyala di RPM tinggi sebaiknya AC tidak langsung dinyalakan.

Workshop Manager ProQ sebagai workshop resmi Denso, Heru Wibowo sangat menyarankan jikalau mau menyalakan AC sebaiknya tunggu dulu sampai RPM rendah. Jika mengabaikan RPM masih dalam keadaan tinggi, dampaknhya kompresor akan menghentak sehingga beresiko rusak.
“Saat pagi biasanya start awal, kalau mesin dingin biasanya RPM tinggi. Sebaiknya jangan langsung nyalakan AC system dulu. Karena itu akan menyebabkan hentakan pada kompresor. Terjadi pressure yang langsung pada kompresor karena RPM masih tinggi. Kompresor akan kaget, dia mengeluarkan pressure tinggi,” kata Heru saat ditemui di MGK Kemayoran, Jakarta.

Bukan ketika baru dinyalakan saja, tapi ketika mobil berjalan pun mesti seperti itu. Sangat disarankan agar tidak menyala-matikan sistem AC pada PRM tinggi.

 “Kalau bicara soal itu, memang tergantung sensor yang digunakan kompresor. Kalau kompresor konvensional itu tidak dilengkapi dengan peranti control unit sebaiknya jangan. Kalau sudah dilengkapi control unit, dia bisa mematikan kerja kompresor pada saat hentakan langsung. Kadang-kadang, kita di tol, kalau mau nyalip kan RPM-nya tinggi dia mematikan sendiri. Sehingga kompresor tidak kaget,” kata Heru.

Heru meneruskan, meski kompresor sudah dilengkapi control unit, tetap disarankan agar tidak langsung menyalakan AC saat RPM tinggi. Karena, kompresor pasti akan hidup dulu sebelum dimatikan secara otomatis oleh control unit.
“Sekalipun ada control unit, itu pasti akan on dulu kompresornya,” sebut Heru.

Jadi, Heru menyarankan, tunggu RPM turun terlebih dahulu baru nyalakan AC. RPM yang normal biasanya di kisaran 1.000 RPM. “Sebaiknya kita tunggu RPM rendah dulu, baru hidupkan (sistem AC). Ya… di kisaran 1.000 RPM,” katanya.
Bukan itu saja, Heru menyarankan bagi yang memiliki kendaraan yang ber AC agar selalu memerhatikan dan melakukan perawatan pada sistem AC. Saran dia yaitu, “Perawatan itu filter kabin bersihkan tiap 3 bulan sekali, evaporator bersihkan 6 bulan. Untuk kompresor 1 tahun atau 20.000 km,”.

Posted in Tips Trik and tagged , , .