Mobil transmisi matic

Cara Berkendara Mobil Matic dengan Benar

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Beberapa tahun belakangan ini permintaan masyarakat Indonesia mengenai mobil bertransmisi otomatis atau biasa disebut dengan mobil matik seperti suzuki ertiga dan Karimun Wagon R GS terus mengalami peningkatan, memang secara pengoperasian versi matik jauh lebih mudah dan nyaman saat digunakan meskipun harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi.

Namun sayangnya ada beberapa pengemudi yang masih bingung mengenai tata cara berkendara dengan benar menggunakan mobil matik, apalagi bagi mereka yang baru saja membelinya tentu belum terbiasa dengan transmisi otomatis tersebut.

Padahal dari segi teknik berkendara sebenarnya hanya ada beberapa perbedaaan saja dibandingkan dengan manual, Berikut tips-tips dan Cara Berkendara Mobil Matic dengan Benar :

  • Untuk perjalanan yang melewati jalur bebas hambatan anda bisa menggunakan sistem trasmisi D supaya lebih nyaman dan menikmati perjalanan.
  • Ketika berada di kemacetan serta dalam kondisi stop and go Pindahkan transmisi dari D ke N supaya ketika ada kendaraan di depan yang sudah melaju anda lebih sigap, selain itu dengan teknik tersebut maka akan mengurangi beban kerja dari pompa hidrolik mobil itu sendiri.
  • Namun jika berada di kemacetan yang lama berhentinya atau berada di lampu merah sebaiknya netralkan transmisi ke posisi N serta aktifkan rem parkir.
  • Jika anda ingin melewati sebuah tanjakan maka hal yang perlu dilakukan ketika mengendarai mobil matik adalah ubah posisi gigi hingga putaran berada di titik torsi dan tenaga optimal atau biasanya berada di kekuatan 3.500-4.500 rpm. Bisa juga menggunakan mode manual via paddleshift supaya mendapatkan akselerasi lebih ringan.
  • Tapi apabila berada diturunan yang sedikit curam anda hanya perlu mengatur posisi gigi rendah sehingga putaran mesin naik dan menimbulkan engine brake yang tepat.

sumber

Posted in Tips Trik and tagged .