Cara Mencuci Mesin Mobil Dengan Benar

Cara Mencuci Mesin Mobil Dengan Benar | Membersihkan sisi dalam atau permesinan mobil tentunya sangat berbeda dengan cara mencuci sisi bodinya. Pada bagian ini, memang sangat diperlukan ketelitian khusus dan hati-hati agar komponen tertentu tidak terkena air dan rusak.

Salah satu tahap persiapan adalah menghangatkan mobil terlebih dahulu. Kalau kelamaan, biarkan sebentar agar mobil dalam kondisi yang cukup hangat. Jangan lakukan saat kondisi mesin panas. Ini akan cukup berbahaya. Tapi lakukan saat kondisi sudah mulai hangat, inilah kondisi yang paling tepat.

Setelah mobil cukup hangat, tutuplah beberapa komponen mesin yang menunjang sistem pengapian, seperti distributor atau delco, alternator, dinamo starter, kabel-kabel busi dan sistem elektronik yang ada di sektor mesin. Anda bisa saja menutupnya dengan sesuka hati, asalkan cukup rapat dan juga tidak sampai tembus air. Misalkan, bisa Anda gunakan plastik ataupun aluminium foil.

lupa6ba

Setelah persiapan di atas sudah beres, waktunya melakukan penyemprotan. Bagian pertama yang harus disemprot adalah sisi bagian kap mesin. Setelah iu baru dilanjutkan pada bagian dinding-dinding mesin. Untuk membersihkannya secara tuntas, pakai saja sabun colek yang sudah ada biasa di pasaran. Selain harganya murah, sabun colek ini sangat cocok untuk merontokkan kotoran-kotoran seperti bekas oli.

Jika semua sudah dibilas dengan air, segera keringkan dengan kain bersih dan kering. Jangan biarkan ada sisa sabun yang menempel karena pasti akan meninggalkan bekas. Selanjutnya, mulailah dengan membersihkan pada bagian ruang mesin.

Bersihkan Mesin

Basahi dulu bagian ini dengan tekanan air yang tidak terlalu tinggi. Gunanya, agar komponen tertentu tidak kebasahan dan menimbulkan kerusakan. Saat membersihkan pada bagian ini, gunakan spon atau pun kain bekas untuk bagian yang mudah dijangkau. sedangkan, untuk bagian yang sedikit sulit, bisa juga gunakan sikat yang permukaannya agak kasar.

Mengeringkan Pasca dicuci

Setelah semua selesai, jangan lupa untuk selalu membersihkannya dengan handuk atau pun kain kering dan bersih. Pastikan setiap sela, tidak tertinggal air untuk mencegah dari keroposan.

Sumber

Posted in Tips Trik.