Cara Mudah dan Benar Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara Mudah dan Benar Membersihkan Ruang Mesin Mobil | Ruang mesin mobil kadang kerap kali luput dari perhatian saat kita mencuci mobil. Padahal mesin mempunyai peranan yang amat penting. Membersihkan sisi mesin sangatlah berbeda caranya dengan membersihkan body mobil,  perlu perhatian dan trik – trik khusus dalam pengerjaannya. Karena apabila di kerjakan asal –asalan maka kemungkinan mobil anda akan sulit di start karena ada salah satu komponen elektrik yang kemasukan air, maka dari kita harus mengetahui cara mencuci mesin mobil dengan baik dan benar.

Pada bagian mesin terdapat beberapa perangkat elektronik yang tidak boleh kemasukan air, dan beberapa sil karet yang mencegah air masuk pada bagian tertentu. Apabila mesin terlalu lama kotor dan berdebu, dan uap oli di biarkan terlalu lama, maka tidak menutup kemungkinan sil karet tersebut akan mengeras dan pastinya akan mengurangi kinerjanya. Maka dari itu kita tidak boleh melupakan bagian mesin dari mobil kita.

Tips Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi – bagikan tips cara membersihkan ruang mesin dengan baik dan benar, hal – hal yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Persiapan sebelum mencuci ruang mesin
Pastikan sebelum di bersihkan mesin dalam keadaan hangat. Apabila mesin masih dingin maka mobil perlu di panasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pelepasan kerak – kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Bungkus dengan plastik bagian elektrik
Setelah mesin mobil dalam keadaan hangat, bungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin agar tidak kemasukan air saat proses pencucian. Atau anda dapat menutupnya dengan alumunium foil atau apa saja yang penting perangkat elektrik tersebut aman dari air.

3. Proses pencucian mesin
Setelah semua proses di atas selesai dan di pastikan bagian – bagian elektrik aman, maka ruang mesin mobil sudah siap untuk di bersihkan. Pertama tama bagian yang di bersihkan adalah yang paling mudah terlebih dahulu, bagian yang paling mudah di bersihkan adalah bagian bawah kap mobil, semprot bagian tersebut dengan air, tapi ingat jangan semprot dengan air bertekanan tinggi. Untuk membersihkan bagian bawah kap mobil cukup gunakan sabun colek, karena sabun colek dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak juga oli. Gosok dengan sikat yang agak kasar, setelah selesai siram dengan air bersih, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena air sabun yang kering dengan sendirinya akan meninggalkan bekas, segera keringkan dengan lap bersih.

4. Cara mencuci mesin mobil

 Proses yang selanjutnya adalah membersihkan bagian mesin. Siram bagian mesin dengan air sekali lagi ingat.. jangan menggunakan air bertekanan tinggi. Kita cukup menyiram dengan slang air biasa atau dengan menggunakan botol spray yang sudah tidak terpakai. Di mulai dari blok mesin bagian belakang kemudian di lanjutkan ke mesin bagian depan. Untuk membantu proses pembersihan bisa menggunakan spon atau kuas. Apabila terdapat kerak oli yang sulit di hilangkan dapat menggunakan cairan khusus yang banyak di jual di pasaran. Kemudian setelah selesai bilas dengan air bersih dan langsung di lap biar kering.

Seluruh proses pengerjaan harus di lakukan dengan cermat dan tidak boleh sembrono. Karena pada bagian mesin mobil terdapat beberapa bagian penting yang tidak boleh kemasukan air. Apa bila anda melakukan cara di atas dengan benar maka mesin mobil anda akan bersih kembali layaknya mobil baru.

Demikian tips dari saya semoga dapat membantu anda,Terima Kasih sudah mampir semoga dapat bermanfaat, dan sampai jumpa  !!!

Posted in Tips Trik and tagged , , .