Cara Seting Suara Audio GPS Untuk Mobil

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Saat ini, head unit sudah bisa menjalankan peran multitasking. Artinya, dalam waktu yang bersamaan bisa mengoperasikan dua fitur sekaligus. Salah satunya head unit (HU) yang sudah dilengkapi dengan perangkat navigasi.

Navigasi yang bertugas memandu pengendara bisa diaktifkan berbarengan dengan memutar film dari DVD atau USB. Contoh mobil yang sudah dilengkapi head rest monitor.HU di depan, menampilkan peta perjalanan, tapi saat bersamaan, tampilan di head rest monitor berisi film kartun kesukaan sang anak.
Hanya saja, meski gambar dan tampilan sudah terpisah, sistem suara masih menyatu. Artinya, suara yang muncul dari navigasi, akan tetap terdengar oleh penumpang lainnya. Sehingga, kadang-kadang mengganggu keasyikan anak atau penumpang lainnya dalam menikmati sajian film. Apalagi jika volume suara GPS ini terlalu keras. Belok kanan, belok kiri, putar balik. Pasti mengganggu.

 
Nah, suara dari GPS ini sebetulnya bisa di-adjust. “Artinya, volume bisa dibesarkan, dikecilkan atau justru dibuat bisu (mute). Caranya pun simpel,” tegas Lilik dari Surya Indah Motor, installer yang buka gerai di Auto Center, Tangerang. Kita coba pada HU monitor dari M-Tech tipe 7020CD yang sudah dilengkapi dengan GPS untuk New Toyota Kijang Innova. Langkah pertama, masuklah ke tampilan navigasi dengan memencet tombol GPS. Setelah itu, GPS akan loading dan menampilkan peta jalan saat ini. Setelah itu, sentuhlah MENU yang terletak bagian bawah sisi kiri HU. Anda akan dibawa ke tampilan yang berisi beberapa opsi menu. Pilihlah menu Pengaturan dan sentuh dengan jari . Tampilan monitor akan berubah dan berisi informasi GPS, Peta, Bahasa dan lain-lain. Pilih menu Suara yang ditandai dengan ikon bergambar speaker.

 
Tampilan monitor langsung berubah gambar speaker dengan tanda plus, minus dan centang di bawah. Pilihlah tanda minus untuk mengurangi volume suara. Untuk membesarkan volume, pilihlah tombol plus. Bila ingin menonaktifkan suara, pilihlah tanda gambar speaker yang dicoret. Bila sudah menentukan pilihan, jangan lupa untuk memencet gambar centang untuk kembali ke menu utama. Cara setting suara GPS ini juga bisa diapliaksikan pada HU aftermarket yang dijual di Indonesia. “Khususnya head unit yang didatangkan dari Cina. Karena rata-rata mempunyai platform produksi yang sama. Hanya beda merek saja ketika dipasarkan di Indonesia,” tegas pria berambut ikal ini.

Kini, penumpang sudah tak terganggu suara belok kanan dan belok kiri.

Sumber

Posted in Tips Trik.