Daftar Line up Suzuki Yang Siap Masuk Pasar Otomotif Indonesia

Daftar Line up Suzuki Yang Siap Masuk Pasar Otomotif Indonesia | PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengawali tahun 2016 dengan memperkenalkan Suzuki Ertiga Drezza di bulan Januari lalu. Pabrikan Jepang ini menggebrak pasar MPV Indonesia karena menjadi yang pertama memperkenalkan produk baru di pasar otomotif 2016.

Hal ini sekaligus menjadi salah satu pertanda bahwa Suzuki tampaknya memiliki sederet agenda untuk memperkenalkan produk-produk baru selanjutnya kepada konsumen Indonesia.

Jika melihat portofolio produk yang dimiliki oleh Suzuki, terutama di India, memang rasanya konsumen Indonesia patut untuk menantikan produk baru mereka di sini. Lihat saja apa yang telah diluncurkan oleh Maruti Suzuki di Negeri Taj Mahal tersebut: di pasar hatchback ada Suzuki Baleno, kemudian di pasar crossover ada Suzuki S-Cross yang menjadi penerus SX-4, dan di kelas SUV ada mobil unggulan mereka, Suzuki Vitara Brezza. Selain itu, masih ada salah satu rencana lama dari Suzuki di pasar LCGC, untuk memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Karimun WagonR MPV berkapasitas 7 penumpang. Berikut ini ulasannya:

1. Suzuki Karimun WagonR MPV

Pertama kali muncul di ajang Indonesia International Motor Show 2013, mobil ini hadir diam-diam. Entah mengapa, pihak Suzuki Indonesia sekalipun tak mengumumkan kehadiran sosoknya di booth mereka saat itu. Yang pasti dimensi yang ditampilkan adalah versi lebih panjang dibandingkan Karimun WagonR standar yang saat itu ditawarkan sebagai LCGC unggulan Suzuki. Tak hanya dimensinya yang bertambah, di dalam kabin, jumlah penumpang yang ditawarkan juga bertambah, menjadi 7 penumpang.

Tak ada informasi teknis yang diberikan oleh Suzuki soal mobil ini, selain kemungkinan besar, jantung mekanis di balik kapnya masih tetap menggunakan mesin 1,0 liter layaknya varian standar. Meski begitu, ada kemungkinan juga mobil ini menggunakan mesin 1,2 liter seperti pada Suzuki Swift di India, sehingga dapat bertarung dengan LCGC 7 penumpang lansiran Datsun yaitu GO+ Panca. Ajang Pekan Raya Jakarta pada bulan Juni-Juli 2016 ini bisa jadi merupakan momen paling tepat untuk meluncurkannya.

wagon mpv2

2. Suzuki S-Cross

Mobil ini sudah cukup lama beredar di jalanan India. Sejatinya, S-Cross adalah generasi kedua dari Suzuki SX-4 yang sempat menjadi salah satu mobil populer di Indonesia. Dengan gaya ala crossover yang dimilikinya, mobil ini dapat menarik hati konsumen pecinta trend SUV yang tengah naik daun saat ini. Sayangnya, mobil ini hanya menawarkan kapasitas penumpang 5 orang, yang bisa menjadi batu sandungannya di Indonesia.

Di balik kap mesinnya terdapat sumber tenaga berkapasitas 1,6 liter yang tak sekedar bertenaga, namun juga menawarkan efisiensi. Dengan dimensi yang cukup besar, S-Cross memiliki potensi hebat untuk menantang pasar SUV menghadapi Honda HR-V, Ford EcoSport dan Chevrolet Trax. Kuncinya kini ada dari keberanian Suzuki Indonesia untuk menerjang pasar SUV Tanah Air dan kabarnya mobil ini akan hadir sebelum GIIAS 2016 berlangsung.

 sc ross sx4

3. Suzuki Baleno

Menyandang nama besar Baleno, hatchback terbaru lansiran Suzuki ini sangat berpotensi untuk kembali dilirik konsumen Indonesia. Di India, mobil ini diperkenalkan akhir tahun 2015 lalu dan mendapatkan respon yang sangat positif. Bahkan, untuk pertama kalinya Suzuki mengekspor Baleno ke Jepang untuk dipasarkan di negeri Nenek Moyangnya tersebut. Di medio tahun 1990-an, nama Suzuki Baleno sempat menjadi penguasa pasar sedan yang masih digandrungi konsumen Indonesia saat itu. Namun berangsur menyusut hingga akhirnya, Suzuki tak lagi memasarkannya di Indonesia.

Dengan sosok hatchback yang ditawarkan, mobil ini tentunya akan mendapatkan nilai jual yang lebih baik dibandingkan sedan. Meski begitu, pasar hatchback yang kecil juga turut meragukan potensinya. Di balik kap mesinnya terdapat banyak pilihan mesin, mulai 1,0 liter turbo hingga mesin 1,5 liter. Varian terkuat yang diluncurkan Februari 2016 lalu di India, Baleno RS akan mendapatkan mesin 1,0 liter BoosterJet, meski begitu untuk pasar Indonesia masih belum ditentukan mesin apa yang akan dipasarkan.

baleno5

4. Suzuki Vitara Brezza

Ini adalah salah satu yang paling ditunggu di Indonesia. Seperti halnya Baleno, nama Vitara juga sempat menjadi idola di Indonesia. Mobil ini bahkan bisa saja kita sebut sebagai salah satu pelopor SUV modern di Tanah Air. Vitara Brezza diluncurkan pada bulan Februari lalu, bertepatan dengan ajang Auto Expo 2016 di New Delhi, India. Mobil ini menawarkan pilihan mesin bensin 1,2 liter dan 1,4 liter atau mesin diesel 1,3 liter.

Di Indonesia, bisa jadi Suzuki tidak akan menawarkan varian bermesin diesel. Desain mobil ini tampil modern apalagi dengan perpaduan dua warna yang diharapkan. Pihak Suzuki sendiri sempat mengungkapkan bahwa mobil ini akan hadir di Semester ke-2 2016, artinya bisa jadi mobil ini akan tampil di ajang GIIAS 2016.

 suzuki vitara

Sumber

Posted in News and tagged , , , , .