Efek Mengganti Pelek Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar

Efek Mengganti Pelek Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar | Menggunakan pelek berdiamater lebih besar dari ukuran standar memanglah jadi obat jitu untuk membuat mobil lebih modis. Tapi melakukan langkah ini berarti pemilik mobil juga harus menggunakan ban baru yang memiliki profil lebih tipis.

Demi menjaga keselamatan berkendara, teknik Plus Two atau menaikkan diameter pelek maksimal dua inci dari ukuran standar bisa dijadikan patokan. Sebagai contoh, pelek dengan ukuran 15 inci maksimal diganti dengan pelek berukuran 17 inci.

Dengan begitu ban yang nantinya terpasang tidak terbentur sokbreker dan sepatbor. Selain itu kerja rem tetap optimal dan diameter luar atau tinggi ban tetap sama. Jadi aspek gaya dan safety bisa terpenuhi bersamaan.

Kemudian, untuk mobil-mobil berjenis people carrier ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu soal Load Index (LI). Untuk dipasangkan di pelek baru yang akan dipakai, carilah ban dengan figur LI yang sama atau mendekati ban standar.

Seandainya ban standar bisa menahan beban maksimal 670 kg, maka ban penggantinya mesti punya kemampuan serupa. Sederhananya, LI adalah bobot maksimal yang dapat dipikul oleh sebuah ban.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .