Efek Mengganti Pelek Mobil Dengan Ukuran Lebih Kecil

Efek Mengganti Pelek Mobil Dengan Ukuran Lebih Kecil | Adakalanya pemilik mobil memilih pelek berdiameter lebih kecil dari ukuran standar ketika mendadani mobilnya. “Untuk pengaplikasian seperti ini nantinya akan dibutuhkan ban yang punya profil tebal untuk menjaga proporsi ideal ketinggian mobil,” ungkap Eka Pratama dari Autostar, bengkel spesialis pelek dan ban di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sekilas penggunaan ban dengan profil tebal memang bisa mendongkrak kenyamanan berkandara. Karena ban model seperti itu bisa memberikan efek redam lebih baik. Tapi sayangnya segi keamanan justru teriris.

Pengunaan ban profil tebal bisa meningkatkan efek body roll mobil sehingga mengurangi stabilitas kendaraan. Sebabnya, semakin tinggi ukuran ban maka risiko dinding ban terlipat juga lebih besar. Ini bisa terjadi saat mobil bermanuver tajam.

Efektivitas pengereman juga berkurang karena bertambahnya bobot total dari ban itu sendiri. Akibatnya sistem pengereman butuh upaya ekstra untuk mengurangi kecepatan mobil.

autobild.co.id

Posted in Tips Trik and tagged , , .