Efek Negatif Mencampur Pertamax dengan Premium

Efek Negatif Mencampur Pertamax dengan Premium | Kebanyakan orang lebih memilih mengisi kendaraan bermotornya dengan premium. Karena harga murah dan masih subsidi pemerintah. Sedangkan pertamax, sebagian besar dipakai oleh kendaraan baru karena mengikuti aturan dari kendaraannya.
Walaupun harga pertamax lebih mahal dari premium, namun nilai oktan pertamax lebih tinggi dari pada premium, yaitu 92 dan premium 88. Karena lebih tinggi inilah kualitas juga semakin baik. Banyak anggapan orang bahwa dengan mencampur premium dengan pertamax akan meningkatkan kualitas mesin kendaraan bermotornya. Benarkah begitu? Mari kita bahas.
Memang dengan pemakaian pertamax akan lebih menjaga keawetan mesin dan kinerja mesin juga lebih baik, tetapi jika dicampur dengan premium maka hal itu akan berbahaya.
Pertamax bersifat mempercepat pembakaran mesin. Selain itu, karena zat aditif yang ada pada pertamax seperti zat anti karat, akan sia-sia fungsinya karena premium masih mengandung timbal.
Jadi, pencampuran premium dengan pertamax ini hanya sia-sia saja karena hanya menambah nilai oktan dari bahan bakar tersebut. Sedangkan fungsi lain tidak ada.
Seharusnya, bahan bakar disesuaikan dengan kendaraannya. Seperti pada kendaraan baru yang sebagian besar mengharuskan pemakaian pertamax. Jadi jangan asal mencampur bahan bakar.
Posted in News and tagged , , .