Enam Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Jamur pada kaca merupakan hasil hidup karena campuran dari endapan kotoran yang bercampur dengan bercak air, dan tingkat kelembapan yang mendukung, sehingga munculah jamur pada sisi-sisi tertentu pada kaca mobil.

Jamur pada skala kecil memang tidak membahayakan, tapi apabila dibiarkan saja akan jadi faktor yang amat mengganggu, terutama buat pengemudi. Kesan kumuh juga akan muncul karena eksistensi jamur. Efek jangka panjangnya, bisa muncul bau yang tidak sedap karena jamur tersebut.

Saat ini sudah banyak material pembersih kaca yang tersedia dan dijual di banyak toko di Indonesia. Namun banyaknya bahan tersebut tidak menjamin kaca mobil akan total bersih sepenuhnya, apalagi jika cara dan timing saat membersihkan kaca tersebut tidak tepat.

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk membersihkan jamur yang muncul di kaca mobil sehingga mobil terlihat lebih ‘cakep’ tanpa adanya jamur.

  1. sebelum memastikan kaca mobil akan dibersihkan, ada baiknya jika mobil yang akan dibersihkan ‘dievakuasi’ terlebih dahulu ke tempat yang teduh, dan minim sentuhan debu. Karena mobil yang dibersihkan di tempat yang terlalu terbuka, berpotensi terlalu cepat kering sehingga jamur tidak dibersihkan secara total dan akan ada debu menempel yang tersisa.
  2. Setelah semua proses sudah dilalui, yang terakhir harus dilakukan adalah biarkan alam menyelesaikan semuanya. Artinya, setelah semua benar-benar bersih, biarkan mobil berada dalam kondisi kering dengan sempurna karena diangin-anginkan.3
  3. Setelah itu, membersihkan kaca dari debu dan kotoran-kotoran yang menempel akan membantu sebelum melangkah lebih jauh untuk membersihkan jamur yang ada. Karena dengan membersihkan kaca dari debu terlebih dahulu akan membuat proses pembersihan jamur jadi lebih total dan tidak ‘dua kali kerja’.4.
  4. Terhitung tahun-tahun belakangan ini sudah sangat mudah sekali dijumpai obat anti jamur yang pada dasarnya sudah ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian tertentu mobil, tapi akan lebih baik lagi apabila pemilik untuk antisipasi. Bagian karet body mobil dilapisi dengan selotip akan memastikan bagian karet body tetap kering, menghindarkan keroposnya bagian karet.5.
  5. Obat pembersih khusus untuk jamur sebaiknya tidak langsung disemprotkan atau diaplikasikan pada media yang terlalu lebar. Akan lebih baik dicoba pada medium yang kecil terlebih dahulu untuk melihat seberapa efektif obat jamur tersebut. Bila dirasa bagian kecil dari jamur tersebut sudah teratasi dengan baik bisa dilakukan pembersihan yang lebih menyeluruh.
  6. Pembersihan yang baik adalah pembersihan yang tidak terlalu kuat, karena jamur yang ada telah dibersihkan dengan obat jamur, untuk menghindarkan efek baret-baret kepada kaca mobil. Lebih baik lagi jika pembersihan bagian akhir ini menggunakan kain yang berjenis mikrofiber.

Sumber

Posted in Tips Trik.