Fakta Unik Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R, LCGC kebanggaan pabrik asal Pulogadung ini. Sudah cukup lama Wagon R beredar di Indonesia dan beberapa kali mendapat penyegaran.

Suzuki menyebutnya sebagai mobil SUPER, singkatan dari bahasa Inggris spacious, useful, practical, efficient dan reasonable. Artinya Karimun Wagon R menawarkan nilai kelapangan, kegunaan, kepraktisan, efisiensi dan harga masuk akal. Terlepas dari lima hal yang diklaim, Karimun Wagon R punya lima hal unik yang dibawanya. Apa saja?

1. Desain

Dibanding kompetitor LCGC lain, Karimun Wagon R punya dua desain berbeda yang ditawarkan. Perbedaannya signifikan. Sampai mengubah bentuk wajah.

Pada update terbaru, Wagon R kini ditawarkan dalam dua varian model: GL dan GS yang masing-masing punya wajah berbeda. Kompetitor hanya membedakan varian berdasarkan pilihan kelengkapan, mesin atau transmisi saja.

2. Lapang

Meski bodinya terlihat mungil, kabin Karimun Wagon R terasa lapang. Bahkan ketika dibandingkan kompetitor yang sama-sama menawarkan city car 5-seater. Layout dasbor model gantung, jadi rahasia di balik lapangnya kabin Wagon R. Pelipatan bangku fleksibel juga menciptakan bagasi kabin lebih lapang. Selain itu, atap yang tinggi ternyata sedikit berkontribusi pada rasa kabin yang lebih lega.

3. Transmisi

Setiap varian yang ditawarkan, Wagon R menawarkan dua pilihan transmisi: Manual 5-speed dan otomatis AMT 5-speed yang disebut AGS oleh Suzuki. Meski jenis transmisi otomatisnya kurang umum, Wagon R merupakan salah satu LCGC yang punya pilihan transmisi otomatis. Itu jadi nilai plus tersendiri di tengah kompetisi mobil murah LCGC.

4. Bobot

Suzuki Karimun Wagon R punya plat bodi lumayan tebal untuk kelas LCGC. Meski begitu, bobot bersih kendaraan hanya 800-an kg. Suzuki mengakali agar Wgon R tak terlalu berat. Salah satunya bagian mesin yang punya bahan aluminium. Mesin kecil 998 cc dipadukan bobot ringan bisa berkontribusi pada efisiensi bahan bakar.

5. Harga

Meski bukan mobil paling murah maupun LCGC paling murah, Wagon R masih punya harga kompetitif. Itu melihat dari kualitas dan fitur yang dibawanya. Varian tertinggi Karimun Wagon R GS AGS dibanderol seharga Rp 135 juta. Sudah termasuk kantung udara sebagai jaminan keselamatan lebih tinggi. (Tom/Van)

Sumber

Posted in News and tagged , , , .