Suzuki Ertiga Sporty

Hasil Tes Suzuki Ertiga Sporty

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Bukan rahasia lagi jika Ertiga adalah tulang punggung bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). MPV ini sangat disukai masyarakat tak hanya kota besar seperti Jakarta namun tersebar hingga skala nasional.

Untuk menjaga antusias masyarakat, PT SIS tentu harus terus menjaga daya tarik Ertiga. Setelah sebelumnya terus berevolusi menawarkan fitur-fitur menawan, termasuk yang terakhir menyediakan pilihan transmisi otomatis dan AC double blower, kini Ertiga kedatangan varian baru. Namanya Ertiga Sporty.

Sporty mengambil basis dari varian GL. GL sendiri merupakan tipe menengah di antara GA dan GX. PT SIS menyebut totalnya ada 9 item eksterior yang berbeda antara GL dan Sporty.

Diawali dari tampilan depan. Desain gril yang terintegrasi de­ngan bumper itu kini memainkan aksen krom dan kelir hitam dof. Desainnya pun lebih memainkan sudut tajam sehingga rasa sportinya langsung mencuat. Paras ini menurut kami mirip dengan wajah Suzuki Swift Sports. Mungkin tim SIS terinspirasi dari hatchback CBU dari Jepang itu.

Bagian depan belum selesai. Ada lips mungil yang melin­tang di ujung kap mesin. Detil ini mungkin bisa terlewat jika tidak diperhatikan, tapi harus diakui menjadikan tampang keselu­ruhan jadi lebih padat.

Beranjak ke bagian sam­ping. Item yang mencolok adalah penggunaan side skirt di sisi bawah bodi. Kemudian sektor roda turut mengalami perbedaan karena ban dan peleknya baru. Ban menggunakan ukuran 205/55 R16 dan pelek palang lima berdiameter 16 inci.

Roda ini lebih besar, tak aneh jika Ertiga Sporty punya kemampuan manuver lebih baik berkat kaki-kaki yang lebih kokoh. Oh ya, pelek itu khas, karena hanya dibuat untuk varian Sporty.

Sekarang pindah ke belakang. Bumper seperti bumper depan yakni ada aksen hitam. Pun de­ngan desain aerodinamis demi mengentalkan kesan ‘kencang’-nya.

Emblem ‘Sporty’ terlihat di buritan ini. Ini sekaligus menjadi satu-satunya identitas verbal yang ada di varian Sporty. Sedangkan spoiler atas tak hanya harmonis dengan tema sport secara keseluruhan, namun ha­rusnya memang turut berpengaruh positif terhadap downforce di kecepatan tinggi.

Meski mesin yang digunakan tetap sama dengan Ertiga lain yakni K14B bertenaga 95 dk, tapi keberadaan muffler tip krom di bagian belakang ini harus diakui kian menguatkan aroma sportnya.

Kendati fokusnya ke ekste­rior, tapi PT SIS juga melakukan penambahan fitur pada interior. Setir Sporty telah dilengkapi tombol audio. Selain itu, va­rian ini juga telah dibekali peranti airbag. Tentu positif bagi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Sumber: Autobild

Posted in News and tagged , , , , , , .