Ini Penjelasan RON 98 Pertamax Turbo Bikin Performa Mesin Kendaraan Lebih Sempurna

Perkembangan teknologi khususnya mesin mobil yang semakin canggih dan advance menuntut produsen bahan bakar mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Apalagi, kini penggunaan mesin dengan teknologi direct injection, turbocharger atau supercharger sudah lazim digunakan pada mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Belum lagi soal tuntutan emisi gas buang yang lebih kecil menuntut produsen bahan bakar membuat formulasi yang baik terhadap bahan bakar yang dipasarkan agar lebih ramah lingkungan. Di Indonesia, saat ini baru PT Pertamina (Persero) yang menjual dan memasarkan bahan bakar dengan Research Octane Number 98 yang diberi nama Pertamax Turbo.

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk mesin bensin yang merupakan hasil peremajaan dari produk Pertamax Plus. Bahan bakar ini didesain untuk kualitas yang lebih baik dan performa yang lebih sempurna bagi mesin kendaraan.

Dipasarkan dengan harga yang terjangkau, Pertamax Turbo punya 5 kelebihan utama. Pertama, Pertamax Turbo punya oktan di angka 98. Ini merupakan bahan bakar terbaik saat ini dengan harga setara bahan bakar kompetitor yang punya RON 95.

Bahan bakar yang punya value for money tinggi ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan yang sudah dilengkapi turbocharger ataupun supercharger. Selain itu bahan bakar ini juga cocok digunakan untuk mesin yang memiliki kompresi lebih dari 11:1.

Kelebihan kedua, Pertamax Turbo dilengkapi dengan Ignition Boost Formula (IBF). Formula ini membuat mesin kendaraan jadi lebih responsif dan membuat kendaraan lebih cepat mencapai kecepatan tertingginya.

Selanjutnya, Pertamax Turbo juga punya fungsi Perfection in Performance. Artinya, dengan RON 98 tersebut, membuat pembakaran dan performa mesin kendaraan lebih sempurna.

Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi Drive Ability yang membuat kendaraan memiliki manuver yang lincah dan lebih mudah dikendarai akibat mesin yang lebih responsif tersebut.

Yang menarik adalah, saat uji laboratorium yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi dari LEMIGAS, angka oktana riset dari Pertamax Turbo melebihi batas minimumnya yakni diangka 98,7. Angka tersebut jauh diatas angka yang diklaim oleh Pertamina.

Saat ini, Pertamax Turbo dipasarkan di seluruh SPBU Pertamina untuk menggantikan Pertamax Plus. Bahan bakar yang diluncurkan pertama kali pada Agustus 2016 kini bisa ditemui di sekitar 1.500 jaringan SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Sumber

Posted in News and tagged , , , .