Jumlah Penduduk Indonesia Di Banding Pertumbuhan Otomotif

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Walau kawasan perkotaan diributkan dengan kemacetan dan gencarnya program pemerintah dalam mengatasi hal ini, pertumbuhan industri otomotif di Indonesia terbilang sungguh kontras jika menggunakan perbandingan antara jumlah penduduk dan jumlah penjualan kendaraan roda empat.

Dengan jumlah penduduk seluruh Indonesia yang berkisar 250 juta jiwa, penjualan mobil bahkan tidak sampai satu persen dari jumlah itu. Walau tidak menyebut soal pemerataan, pihak industri komponen Indonesia memperlihatkan kontrasnya perbandingan ini, termasuk membandingkannya dengan Malaysia.

“Kalau kita bandingkan jumlah kendaraan dengan jumlah manusia, Indonesia mempunyai 240-250 juta penduduk, penjualan kendaraan kita cuma 1,2 juta (mobil). Coba bandingkan dengan Malaysia, penjualan mereka cuma 600.000-an,” ujar Baki Lee, Direktur PT Global Expo Management (GEM) Indonesia.

Berkaca dari angka-angka tersebut, ia menjanjikan bahwa sebenarnya bisnis otomotif di Indonesia masih lapang untuk berkembang. Hal ini bisa dilihat hingga sepuluh tahun ke depan.

“Pertumbuhan otomotif tahun ini tidak turun. Kenaikan harga BBM juga tidak terlalu berpengaruh signifikan. Jadi saya prediksi tahun depan juga tetap akan bertumbuh. Bibit pertumbuhan Indonesia juga masih tinggi. Dengan melihat range itu, pertumbuhan kita masih akan tinggi sekali. Jadi otomotif Indonesia, 10 tahun ke depan, masih akan sangat menjanjikan. Tidak ada mati suri,” ujarnya.

Sumber

Posted in News.