Kelebihan & Keunggulan Suzuki Ciaz

Kelebihan & Keunggulan Suzuki Ciaz | Suzuki Ciaz sebelumnya sudah melenggang di India dan langsung mendapat respon yang sangat baik. Selain itu, Ciaz juga mengaspal di Cina dengan nama Alivio. Sementara di Indonesia, Ciaz baru diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan Agustus 2015 kemarin. Di Tanah Air, Ciaz akan berhadapan langsung dengan pesaing-pesaing kuat di segmennya, yakni Toyota Vios dan Honda City.

Impresi pertama dari desain eksterior Ciaz adalah bagian wajahnya yang mirip dengan sang saudara, Suzuki Ertiga, dengan bentuk dan posisi grille yang serupa (hanya berbeda jumlah palang) serta dengan bentuk lampu utama yang sama. Desain tersebut kemudian masih dipermanis dengan fog lamp yang sporty di bawah lampu depan Ciaz. Dari sisi samping, garis pahatan keras di bahu mengalir dari fender depan hingga ke lampu belakang, membentuk siluet yang sporty.

Interior Ciaz

Dari sekilas pandang memang tak terlihat namun di atas kertas Suzuki Ciaz memiliki dimensi yang lebih lebar dari para kompetitor, ditambah jarak sumbu roda (2.650 mm) yang juga lebih panjang dibanding lawannya (Vios: 2.550 mm, City: 2.600 mm). Tak hanya itu, Suzuki juga memberikan Ciaz ground clearance lebih tinggi dari para pesaingnya, yaitu 160 mm. Berbekal dimensi tersebut, interior Ciaz bisa dibilang cukup lega di kelasnya, baik untuk baris depan maupun penumpang belakang, dan ini merupakan salah satu poin positif dari sebuah small saloon. Saat digunakan mengemudi yang cukup lama, posisi duduk dan bangkunya tidak membuat lelah.

Interiornya didominasi warna hitam yang sporty, dengan sejumlah sentuhan krom di beberapa bagian untuk menciptakan nuansa elegan. Namun, menurut kami desainnya terasa minimalis dan bisa lebih dipoles agar lebih terasa elegan. Begitu juga dengan sistem audio-nya yang terbilang standar, baik secara fungsi dan kualitas suara. Walaupun sudah menyediakan koneksi Bluetooth dan port USB, cukup sulit untuk menghubungkannya dengan perangkat smartphone melalui kedua jalur tersebut. Para kompetitor bahkan sudah menggunakan antarmuka berlayar sentuh yang lebih modern.

Eksterior Ciaz

Suzuki membekali Ciaz dengan mesin serupa milik Ertiga dan Swift, mesin bensin 1.4 liter yang menghasilkan tenaga 91 hp pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm dipadankan dengan transmisi otomatis 4-speed. Ciaz berakselerasi cukup baik untuk situasi stop-and-go dalam kota maupun saat melesat kencang di jalan bebas hambatan.

Ketika melalui jalanan dengan banyak lubang kecil dan tak rata, suspensi Ciaz dapat meredam dengan baik. Begitu pun saat melalui jalanan bergelombang dengan laju sedang hingga kencang tidak menjadi masalah bagi Ciaz. Sayangnya bobot lingkar kemudi yang sangat ringan mengurangi kepercayaan diri dalam mengemudikan Ciaz di kecepatan tinggi.

Sektor keselamatan menjadi salah satu poin utama yang ditawarkan Ciaz dengan Suzuki TECT (Total Effective Control Technology) pada bodi, yakni penggunaan baja ringan dan memiliki fitur struktural bak zona himpit sehingga dapat menyerap energi benturan lebih baik. Tak lupa juga Dual SRS Airbag dan ABS serta EBD sudah tersedia pada Ciaz.

Sumber

Posted in News and tagged , , , .