Kenali Gejala Awal Mobil Matic Mulai Rewel

Kenali Gejala Awal Mobil Matic Mulai Rewel | Mobil matic seringkali menjadi pilihan masyarakat karena kemudahannya. Tetapi, jika mobil matic sudah mulai rewel, penanganannya akan sedikit susah lantaran transmisi otomatis yang menggunakan sistem elektronik.
Berikut ini adalah gejala yang bisa Anda tandai apakah mobil matic Anda mulai rewel.

Kerusakan gigi pada transmisi otomatis ditandai dengan rasa menyentak saat gigi dimasukkan. Dengan menggunakan socket OBD pada engine scanner, Anda bisa mendeteksi kerusakan ini.

Biasanya penyebab utama kerusakan gigi ada pada elektronis dan mekanis. Mobil terasa terdorong seketika karena solenoid pressure akibat dari oli matic yang bocor dan membuat oli tak bisa menampung perpindahan gigi pada rpm yang dikehendaki.

Gejala kedua adalah getaran mobil. Hal itu muncul gara-gara kampas kopling sudah mulai aus atau bahkan sudah hangus.

Permukaan kompas kopling yang tidak rata dan saling bergesekan membuat kampas terkikir. Maka, saat digunakan, mobil terasa bergetar.

Susahnya berpindah dari gigi tiga juga patut Anda waspadai. Memang bukan masalah besar karena kebanyakan pengemudi mobil matic sering mendapati masalah yang disebut limp mode ini.

Tetapi, Anda sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel apabila check engine menyala, pertanda ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil.

Mobil yang tidak bisa mundur adalah gejala paling parah. Artinya, Anda tak boleh lagi lepas tangan atau sengaja tidak membawanya ke bengkel.

Hal tersebut dipicu oleh sistem mekanik pada transmisi sedang bermasalah. Biasanya, penyebab mobil tak bisa mundur adalah tuas gigi sudah rusak.

Switch mobil yang rusak bisa ditandai dengan mobil diam atau berada di mode parking. Masalah lain yang juga seringkali membuat panik adalah tuas tidak mau berpindah, atau tuas berpindah tapi gigi tetap sama. Hal ini bisa terjadi jika kabel di gearbox mengelupas atau putus.

Sebaiknya Anda tidak langsung panik ketika mendapati masalah-masalah diatas, teleponlah bengkel dan beritahu lokasi Anda.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , .