Komparasi Suzuki Ignis 1.2L VS Agya 1.2L

Beberapa pekan ke depan, pecinta otomotif tanah air dipastikan akan melihat sosok city car terbaru dari pabrikan mobil ternama tanah air. Sebut saja seperti Suzuki dan Toyota, yang telah bersiap meramaikan persaingan di kelas city car lima penumpang. Suzuki sudah jauh-jauh hari mengumumkan untuk memperkenalkan Ignis 1.2L yang diperkirakan hadir pada IIMS mendatang, meskipun demikian beberapa dealer sudah membuka keran pemesanan.

Mobil bergaya city car crossover ini menggunakan mesin empat silinder bensin 1.2L berkode KR. Sebelumnya, Ignis sudah diperkenalkan di GIIAS 2016 dan dinilai cukup memikat hati konsumen tanah air. Selanjutnya kabar mengejutkan datang dari Toyota yang berencana akan meluncurkan Agya dengan kapasitas mesin 1.2L, yang akan bermain di kelas yang sama dengan Ignis.

Agya 1.2L ini akan memboyong mesin NR seperti yang dipergunakan pada unit Calya. Sejauh ini spek resmi Agya 1.2L belum dirilis, namun karena menggunakan mesin NR, setidaknya kita bisa sedikit mengantongi informasi mengenai performannya masih di seputaran Calya. Dari sini, sudah ada gambaran mau pilih yang mana?

Kinerja

Dilansir dari Carreview.id, dari sisi kinerjanya, mesin keduanya tidaklah terlampau mencolok. Dari segi torsi, Ignis unggul dengan 113 Nm/4.000 rpm dibandingkan Agya yang hanya mampu meraup 108 Nm/4.200 rpm. Sedang dalam perolehan menggumpulkan tenaga, Agya unggul di angka 88 dk/6.200 rpm sedangkan Ignis harus puas dengan 81.8 dk/6.000 rpm.

Performa yang dihasilkan Ignis tersebut diharuskan untuk menggotong berat kosong (curb weight) di 825kg-860kg (tergantung varian transmisinya). Pada Agya, bobot kosong mobil ini belum diketahui. Akan tetapi dapat dipastikan bobotnya akan lebih dari 746 kg (berat Agya 1.000 cc matik).

Dimensi

Jika melihat dilihat dari dimensi, Ignis memiliki (PxLxT) 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm dengan wheelbase 2.435 mm. Sedangkan Agya, berdimensi 3.600mm x 1.600 mm x 1.520 mm, yang artinya sedikit lebih imut dari Ignis. Uniknya, Agya unggul dalam hal panjang wheelbase yang mencapai 2.450 mm. Hal yang cukup mengejutkan adalah ground clearancenya. Ignis yang disebut-sebut memiliki DNA SUV Crossover ini memiliki tinggi 180mm. Angka ini sama persis dengan yang dimiliki Agya yang cukup menghembuskan status sebagai sebuah city car.

Keduanya memang memiliki kesamaan dalam kapasitas mesin, namun pada dasarnya Ignis adalah sesuatu yang sama sekali baru. Ignis akan menunjukkan pengalaman yang syarat dengan sensasi anyar. Sedangkan Agya merupakan pembaruan dari mobil yang cukup familiar, hanya saja akan dibekali dengan mesin yang lebih besar performanya.

Sumber

Posted in News.