Komparasi Suzuki SX 4, Toyota Rush dan Daihatsu Terios

 

Daihatsu Terios A/T Toyota Rush A/T Suzuki SX-4 A/T
Daihatsu_TERIOS-TX_adventure 20130829-toyotarush 2014_10_13_06_13_34_New_Suzuki_SX-4-01
Harga: Rp 150-190 juta
Tahun: 2011-2013
Mesin: 1.495 cc 4-silinder, 109 dk

+: Desain gagah, pilihan varian, bagasi luas
-: Limbung, tenaga mesin

 

Harga: Rp 135-180 juta
Tahun: 2011-2013
Mesin: 1.495 cc 4-silinder, 109 dk

+: Kapasitas 7 penumpang, jaringan aftersales, harga bertahan
-: Limbung, ruang kaki baris ketiga

Harga:  140-160 juta
Tahun: 2011-2013
Mesin: 1.490 cc 4-silinder, 100 dk

+: Model crossover, bantingan lembut, handling
-: Visibilitas, ruang penumpang, bagasi minim

Konsumsi BBM tol/dalam kota: 13,8/8,8 km/l
Kapasitas tangki: 45 liter
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 13,1/N/A km/l
Kapasitas tangki: 45 liter
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 16,5/10,5 km/l
Kapasitas tangki: 50 liter

 

Komparasi Suzuki SX 4, Toyota Rush dan Daihatsu Terios |  Dengan roda besar (ban 235/65 R16) dan sosok SUV tulen, Rush terlihat macho di jalan. Itu juga berkat aplikasi ban cadangan model menggantung di pintu belakang (tire hanger).

Ground clearance tinggi membuatnya lebih berdaya menghadapi beragam permukaan, tapi karena Toyota ingin Rush juga lembut, maka fakta ini membuatnya limbung saat bermanuver cepat.

Seperti Terios, Rush punya pilihan format 7 tempat duduk sebagai opsional, tapi yang lebih banyak beredar adalah 5 tempat duduk. Di model yang 5 tempat duduk ini ia punya ruang bagasi sangat luas. Cocok saat Anda bawa berpetualang membawa banyak barang.

Tenaga mesinnya tidak bisa dibilang besar, tapi cukup memadai untuk kondisi penum­pang penuh. Jaringan aftersales Toyota membuat Anda tenang  memilikinya di kota manapun. Oh ya, Rush ada tipe TRD yang tampil sporti dan spesial berkat body kit tambahan.

Sebangun dengan Toyota Rush, Terios adalah wakil Daihatsu di kelas SUV kompak. Salah satu daya tarik terbesar Terios adalah kapasitas 7 tempat duduk. Jadi dengan keandalan ala SUV, kapasitas penumpangnya sama dengan MPV.

Mesin dengan tenaga sedang membuat akselerasinya biasa saja. Tapi itu tak masalah karena ia memang tidak dirancang untuk dipacu ekstrem. Enaknya punya Terios, harganya cukup bertahan sehingga cocok untuk Anda yang kerap ganti mobil.

Karena dirancang 7 tempat duduk, ruang baris ketiga terasa cukup untuk anak-anak dan sempit jika diisi orang dewasa. Tapi berkat pelipatan bangku praktis, kapasitas bagasi tetap lumayan lapang.

Seperti Rush, Terios juga punya pilihan transmisi manual untuk Anda yang mencari mobil lebih sigap saat berakselerasi.

Siluet bodi seperti hatchback namun dengan kapabilitas layaknya SUV, itulah Suzuki SX-4 yang tampil beda di antara semua rivalnya kali ini.

Tak hanya tampang mirip hatchback, pe­ngendalian pun juga begitu. Itu pertanda baik karena jadi lebih enak dikemudikan. Belok di kecepatan cukup tinggi pun lebih mantap dibanding Rush atau Terios.

Tapi modelnya itu pula yang membuatnya punya kekurangan. Bagasinya terbatas dibanding Rush-Terios. Sehingga membatasi Anda saat membawa barang. Visibilitas saat membelok pun terhalang pilar A yang besar dan landai. Tambahan lagi, meski sudah terhitung tinggi, tapi ground clearance SX-4 175 mm kalah dibanding Rush dan Terios yang mencapai 200 mm.

Tapi asyiknya ia lebih nyaman karena suspensi lebih lembut. Di titik ini ia jadi lebih menyenangkan saat dipakai berjalan jauh.

Our Opinion
Baik Rush dan Terios punya ground clearance lebih tinggi sehingga lebih siap untuk aktivitas outdoor yang lebih ekstrem. Tapi meski tampilannya mirip, Terios menawarkan format 7 tempat duduk untuk semua variannya yang terasa lebih fleksibel. Sedangkan SX-4, dengan model hatchback ruang kabinnya lebih terbatas. Tapi ia nyaman untuk perkotaan plus handling yang lebih baik. Tapi jika Anda membutuhkan kendaraan untuk aktivitas outdoor, Terios bisa jadi pilihan.

Sumber

 

Posted in News.