Kota Yang Mempunyai Tata Kelola Keselamatan Jalan Raya Terbaik Di Indonesia

Dealer Mobil Suzuki Bandung |  Tiga kota di Indonesia mendapat penghargaan ‘Indonesia Road Safety Award’ (IRSA) sebagai kota yang dinilai berhasil menerapkan tata kelola keselamatan jalan raya (road safety) terbaik sesuai kategori yang ditetapkan. Ketiga daerah tersebut adalah Tangerang untuk kategori Kota Metropolitan, Balikpapan kategori Kota Besar, dan Probolinggo sebagai Kota Sedang. Ketiga kota tersebut menyisihkan 7 finalis lainnya dari seluruh Indonesia. “Kita tidak melihatnya dengan jumlah kendaraan dengan angka kecelakaan, tidak bisa dibandingkan dengan Jakarta atau kota besar lain yang tingkat kepadatannya sangat kompleks. Kita melihatnya, salah satunya, penurunan kecelakaan dan tata kelola lalu lintas kota yang baik sehingga lebih memberi rasa aman dan nyaman berkendara,” ujar Iskandar Abubakar, Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia.

Penerapan metode penilaian dilakukan berbeda, yakni partisipatif dan rekomendasi yang bertujuan memperluas jangkauan dan peluang keikutsertaan pemerintah daerah di Indonesia secara aktif. “Penghargaan IRSA menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk mengukur kesuksesan penerapan tata kelola keselamatan jalan di kotanya,” tandas Iskandar

Ketiga kota tersebut menurut Iskandar memperoleh penilaian tinggi dari para juri setelah melakukan evaluasi dan peninjauan langsung ke lapangan. Penobatan sebagai kota lalu lintas teraman diberikan setelah meraih penilaian tertinggi berdasarkan 5 pilar road safety yang diterapkan oleh badan kesehatan dunia (WHO). Kelima pilar tersebut adalah manajemen keselamatan jalan (safer management), jalan yang berkeselamatan (safer road), kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicle), perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan (safer user), dan penanganan pra dan pasca kecelakaan (post-crash response).

Sebelumnya kota-kota yang dipilih dalam IRSA untuk dilakukan survey ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dan korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lain yang relevan. Sejumlah pakar diminta untuk memilih dan melakukan ranking terhadap kota-kota terbaik untuk setiap kategori berdasarkan data yang tersedia, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap pakar. Kota-kota yang memiliki ranking terbaik dipilih menjadi nominasi kota survey.

“Kami berharap penghargaan IRSA menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untk senantiasa memperlihatkan keseriusan dalam menerapkan tata kelola lalu keselamatan jalan raya yang harus dipatuhi secara sadar oleh seluruh elemen masyarakat,” imbuh Indra Baruna, Direktur Adira Insurance. Pada tahun 2010, Adira Insurance melalui produk asuransi mobil Autocillin menggagas sebuah kegiatan corporate social responsibilities berupa kampanye menjaga keselamatan saat berada di jalan yang bernama ‘I Wanna Get Home Safely!’ (IWGHS). Gerakan ini didasari oleh semakin meningkatnya kecelakaan lalu lintas di Indonesia, dimana 90% dari kecelakaan yang terjadi disebabkan karena kelalaian manusia.

Sejak tahun 2013, kemudian lahir IRSA sebagai langkah lanjutan Adira Insurance untuk memperluas jangkauan penyebaran gerakan keselamatan di jalan raya yang telah digencarkan melalui kampanye yang bertajuk ‘I Wanna Get Home Safely (IWGHS)’. Oleh karena itu, pada tahun 2014, Adira Insurance kembali menyelenggarakan IRSA 2014 sebagai bentuk kesinambungan program. Pertama kali dimulai, penyelenggaraan IRSA 2013 menerapkan desain studi Non Partisipatif yang kemudian berkembang pada penyelenggaraan IRSA 2014 menjadi kombinasi Partisipatif dan Rekomendasi dimana terdapat pendaftaran secara terbuka agar peserta terlibat aktif sejak awal (semua target peserta yang memenuhi kualifikasi diperbolehkan mendaftar). Kemudian, dilakukan proses rekomendasi peserta yang melibatkan sejumlah pakar road safety.

Secara spesifik, IRSA merupakan penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan dengan mengusung semangat untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya serta mendorong mereka untuk terus berbenah agar tercipta sinergi yang baik antar semua stakeholders keselamatan jalan.

Sumber

Posted in News.