Memasang Kaca Film Manfaat dan Kegunaannya

Memasang Kaca Film Manfaat dan Kegunaannya | Pemasangan kaca film pada mobil tentu sudah menjadi hal yang sangat biasa untuk pemilik kendaraan. Bahkan belakangan pemasangan kaca film tidak hanya dapat dilakukan di toko-toko aksesoris besar saja. Tak jarang kita juga melihat pedagang eceran atau emperan di tepi jalan yang juga melayani pemasangan kaca film untuk mobil.

Meski pemasangan kaca film memiliki fungsi utama untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke kabin mobil, namun tak sedikit pula yang menganggap kaca film hanya sekedar aksesoris saja. Padahal selain fungsi utama tersebut, kaca film masih memiliki manfaat lain bagi pemilik kendaraan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Mengurangi Intensitas Sinar Matahari
Manfaat utama dari pemasangan kaca film pada mobil anda adalah untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Dengan demikian, maka suhu kabin akan terasa lebih nyaman dibandingkan kaca yang tidak dipasang kaca film. Selain itu, paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan sinar infra merah tentu pada kulit tentu memiliki efek yang kurang baik bagi kulit. Dengan kaca film, kita dapat mengurangi semua resiko tersebut.

Kaca Film Membuat Lebih Irit BBM
Meski terdengar tidak berhubungan, namun penggunaan kaca film dengan benar terbukti dapat menghemat konsumsi BBM 10% hingga 20%. Hal ini dikarenakan mobil yang menggunakan kaca film cenderung memiliki kondisi kabin dengan suhu yang lebih baik. Dengan demikian, AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kerja AC yang tidak berat ini yang kemudian membuat kerja mesin dan konsumsi BBM tidak terlalu boros.

Fitur Keamanan Berkendara
Memang tidak ada orang yang menginginkan mengalami hal yang tidak diinginkan. Namun saat berkendara, apapun bisa saja terjadi. Penggunaan kaca film sangat membantu jika terjadi hal yang dapat menyebabkan kaca mendapat tekanan atau benturan. Lapisan film yang terpasang akan ‘memegang’ pecahan kaca agar tidak berhamburan, apalagi sampai mengenai penumpang. Kaca yang pecah akan tetap merekat pada film.

Menjaga Privasi Penumpang
Tidak sedikit orang yang merasa risih jika berada dalam mobil dengan kondisi kaca yang transparan. Atas alasan ini maka orang memasang kaca film yang redup agar tidak terlalu terlihat oleh orang lain. Hal ini juga dapat mejadi alasan keamanan untuk menghindari orang mengintip ke dalam kabin saat mobil terparkir. Namun ada pula orang yang memilih kaca film yang tidak terlalu redup. Biasanya hal ini dipilih pemilik mobil yang telah melakukan modifikasi pada interior dan ingin memperlihatkannya.

Tampil Lebih Keren
Membuat tampilan kendaraan lebih keren dan modis dengan kaca film juga bisa menjadi alasan anda harus memasang kaca film pada mobil. Apalagi sekarang sudah banyak model dan warna pada kaca film yang dapat disesuaikan dengan mobil anda serta modifikasi yang anda lakukan.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .