Membedakan Torsi dan Tenaga

Membedakan Torsi dan Tenaga | Torque atau torsi dan power atau tenaga sangat berpengaruh pada performa mesin kendaraan. Anda akan selalu mendapati jumlah torsi dan tenaga yang bisa dihasilkan suatu mobil ketika Anda mendapatkan brosur mobil. Lalu, apa perbedaan torsi dan tenaga?

Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan mobil dari kondisi diam hingga bisa berjalan. Torsi lebih berpengaruh ke akselerasi.

Jika Anda merasa terhentak ketika mobil mulai berjalan, itu adalah besarnya angka torsi pada mobil tersebut.

Sedangkan power atau tenaga adalah kemampuan seberapa cepat mobil dapat mencapai kecepatan tertentu. Jadi, power lebih berpengaruh ke kecepatan mobil.

Power dan torsi akan bernilai sama pada RPM 5252.

Pengukuran besar nilai torsi dan power dapat dilakukan dengan menggunakan alat bernama dynamometer atau mesin dyno.

Mesin dyno ini juga memiliki berbagai macam sistem. Sistem engine dyno biasanya digunakan di pabrik kendaraan sebagai pengukur performa mesin sebelum dipasang pada body kendaraan.

Sistem lain adalah chassis dyno dimana nilai torsi dan tenaga di dapat dari tes roda mobil yang memutar mesin dyno. Tes ini biasa dilakukan di bengkel, pada mesin yang telah berada di dalam body mobil.

Mesin dyno hanya bisa digunakan untuk mengukur besarnya torsi dalam Newton meter (Nm). Nilai power baru diketahui setelah besar torsi terukur.

Torsi hanya terasa ketika mobil berakselerasi, dan power menentukan kecepatan pada sebuah mobil.

Sumber

Posted in News and tagged , , , .