Mencoba Cruise Control Milik Suzuki Swift GS

Mencoba Cruise Control Milik Suzuki Swift GS | Suzuki Swift GS diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Jakarta Fair Kemayoran 2015 dengan sejumlah penyegaran yang meningkatkan fungsionalitas dan aura sporty darinya. Selain itu, Swift GS juga mendapat fitur baru, yakni Cruise Control.

Hadirnya fitur Cruise Control pada hatchback seharga Rp 223,5 juta pada versi transmisi otomatis ini termasuk unik, karena aplikasi fitur yang menjaga kecepatan mobil tanpa harus menahan pedal gas ini masih langka.

SIS pada hari Kamis (11/6) mengajak sejumlah jurnalis otomotif untuk mencicipi kebolehan dari model hatchback yang selama ini identik dengan karakter sporty dan fun, berlokasi di bilangan Sentul City, Bogor.

Dari luar, ubahan pada Swift GS terbilang sederhana, namun tetap mempertahankan kesan sporty dengan ubahan pada lampu utama yang kini diisi oleh HID Projector dengan fitur Auto Leveling dan grille depan berbentuk U berwarna hitam. Di buritan hadir lampu belakang dengan desain menyatu kontur body, serta Rear Roof Spoiler dengan tampilan baru.

Sementara di dalam kabin, tidak ada ubahan yang signifikan karena ubahan hanya terjadi pada desain material jok dan hadirnya tombol Cruise Control pada lingkar kemudi, tepatnya di sebelah kanan.

Soal performa, Swift GS masih mempertahankan karakter pengendalian sporty-nya di mana setir memiliki respon cepat untuk menikung dan chassis minim body roll sehingga lebih lincah diajak bermanuver. Imbas dari karakter sporty tersebut, redaman suspensi jadi terasa cukup keras, terutama ketika melewati jalan bergelombang dalam kecepatan relatif rendah.

Cruise Control dengan operasional melalui empat buah tombol di setir praktis digunakan dan user friendly bahkan untuk mereka yang baru pertama kali ingin mencoba menggunakan fitur ini. Fitur ini bisa diaktifkan ketika mobil telah melaju dalam kecepatan mulai 40 km/jam.

Di kesempatan test drive singkat ini, saya mencoba aktifkan Cruise Control dalam kecepatan 60 km/jam dengan menekan tombol Cruise untuk mengaktifkannya kemudian tombol SET- untuk mengunci kecepatan mobil. Kebetulan, kontur jalan yang naik-turun di Sentul City memberi kesempatan menguji Cruise Control dalam kondisi beragam.

Cruis Control pada Swift GS tidak hanya menahan laju mobil di kecepatan konstan, tetapi juga saat kondisi jalan berubah seperti menanjak seperti saat saya coba, menyesuaikan posisi gigi transmisi untuk memberikan tenaga dan torsi optimal.

Untuk menambah kecepatan, cukup dengan menekan tombol RES+ di mana setiap sekali tekan kecepatan bertambah 1,6 km/jam menurut klaim Suzuki. Sementara ketika RES+ ditekan dan ditahan, kecepatan mobil akan bertambah seperti ketika menginjak pedal gas dalam-dalam.

Untuk mematikan Cruise Control cukup dengan menekan tombol Cancel atau dengan menginjak pedal rem jika ingin kembali bersenang-senang menikmati performa dari mesin K14B 1400cc bertanaga 90 hp dan torsi 130 Nm.

Dengan adanya penambahan fitur Cruise Control ada Suzuki Swift GS, membuat hatchback yang ditawarkan dalam lima pilihan warna ini semakin nyaman dikendarai sekaligus mampu menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakan lebih baik di kelasnya. [dp/Whr]

Sumber

Posted in News and tagged , , , , , , , , , , , , , , .