Mencoba Suzuki Ignis Seri GX MT

Suzuki Ignis GX dengan transmisi manual 5 percepatan ini merupakan model tengah. Ia ditawarkan dengan harga Rp 159,5 juta on the road DKI Jakarta. Artinya ia lebih mahal Rp 20 juta dari tipe terendah (GL MT) dan lebih murah Rp 10 juta dari varian tertinggi (GX AT).

Antara GL dan GX ada banyak perbedaan. Tipe GX sudah memakai lampu depan proyektor LED, DRL (daytime running light), sepasang foglamp halogen, spion dengan pelipatan elektris dan lampu sein LED, roof rail, grill krom, sensor parkir, tombol engine start, hingga jok pengemudi yang bisa disetel naik-turun.

Belum lagi GX sudah dibekali wheel arch moulding, 4 buah speaker dan 2 tweeter, audio switch control, serta Bluetooth connection. Jadi dengan perbedaan fitur yang banyak ini, tipe GX MT merupakan pilihan terbaik untuk dimiliki dibanding GL MT.

Bagaimana kalau dibandingkan dengan GX AT. Untuk fitur Suzuki Ignis GX MT dibekali kelengkapan yang sama persis dengan GX AT. Perbedaan satu-satunya cuma di transmsi saja. GX AT memakai transmisi jenis Automated Manual Transmission (AMT) sedang GX MT mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

Nah, perbedaan jenis transmisi ini yang bisa menentukan pilihan Anda untuk membeli tipe GX MT. Buat Anda pengemudi antusias yang menyukai mobil dengan respons cepat dan gesit, maka Suzuki Ignis GX MT lah yang mesti dipinang, bukan yang AT.

Anda akan bisa dengan mudah merasakan kelebihan transmsi manual Ignis dibanding AMT. Transmsi Ignis GX MT terasa jauh lebih responsif dibanding GX AT. Pindahkan gigi di antara 3.000-4.000 rpm, maka mobil akan langsung melaju cepat.

Sementara respons transmisi Ignis GX AT lebih lambat. Selalu ada jeda waktu 2-3 detik pada saat perpindahan gigi. Transmisi AMT Ignis ini terasa membuang-buang waktu dibanding transmisi manualnya. Mungkin kami bisa lebih menikmati bila Ignis AT mengandalkan transmisi otomatis konvensional atau CVT.

Performa mobil yang lebih responsif ini ada konsekuensinya. Anda mesti siap merasakan pegal-pegal di kaki kiri akibat berkali-kali menginjak pedal kopling saat terjebak kemacetan panjang. Walaupun pedal kopling Ignis GX MT ini tergolong ringan saat diinjak. Bagaimana, siap?

Untuk bantingan suspensi, GX MT dan AT rasanya sama persis. Ia memiliki bantingan suspensi yang tergolong keras. Saat melewati jalan bergelombang atau rusak, Anda bisa terguncang-guncang. Setelan suspensi keras ini untuk mereduksi gejala limbung akibat ground clearance Ignis yang mencapai 180 mm.

Sumber

Posted in News and tagged , , , .