Mengenal Karakter Kembang Ban Kendaraan

Mengenal Karakter Kembang Ban Kendaraan | Apapun merek ban yang hendak Anda beli, setidaknya ada cara paling awam untuk memilih karakter ban berdasarkan bentuk telapaknya. Memang meskipun telapaknya serupa, performa tiap merek ban bisa berbeda. Setidaknya ini bisa menjadi referensi awal sebelum memilih ban.

Unidirectional

Dikenal pula sebagai ban satu arah. Artinya ban hanya akan bekerja optimal bila diluncurkan searah yang direkomendasi pabrikannya. Biasanya ban jenis ini memiliki telapak berbentuk V atau anak panah.“Ban satu arah biasanya lebih berkarakter ke arah sport,” tukas Zulpata Zainal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia. Lanjut Zulpata, telapak satu arah akan memudahkan ban untuk membuang air ke kanan dan kiri ban.

Asimetris

Sesuai namanya, ban jenis ini memiliki kembang tidak simetris. Untuk menggunakannya di pelek, Anda tidak memakai petunjuk arah gelinding, melainkan petunjuk bagian dalam dan bagian luar ban.“Bagian dalam digunakan untuk membuang air, sementara bagian luar untuk bermanuver di jalan kering,” tambah Zulpata. Intinya ban asimetris ini mengoptimalkan pengendalian di kering dan basah.

Saat ini telapak ban asimetris banyak dipakai pabrikan ban untuk line-up premium mereka. Hal ini menunjukkan kalau telapak asimetris dinilai baik untuk mengakomodir segala jenis cuaca dengan kenyamanan optimal.

Eco Tyre

Sekarang juga marak pabrikan ban menelurkan produk ban eco, alias bisa menghemat pemakaian BBM. Kunci utama dari ban eco ini adalah hambatan gelindingnya yang sangat rendah. Menurut Zulpata, ban eco memiliki ciri khas di telapaknya. Alih-alih memakai desain rumit, ban eco lebih sederhana desainnya. Ini yang membuat hambatan ketika menggelinding jadi rendah. Lebar ban minimal dengan telapak sederhana membuat daya cengkeramnya tak sebaik ban sport.

Semi-Slick

Ban jenis ini digemari pecinta kecepatan untuk meningkatkan daya cengkeram. Ban semi-slick memiliki bidang kontak maksimal dengan aspal, sehingga alur airnya sangat sedikit. Di jalan kering performanya memang sangat luar biasa.“Tapi jangan coba pakai ban ini di hujan. Minimnya alur pembuangan membuat air berturbulensi di bawah ban,” wanti Zulpata. Hal tersebut akan membuat mobil mudah tergelincir. Karena hujan tak bisa ditebak, jangan memakai ban ini untuk keperluan harian.

Alur Air Lebar

Ada beberapa ban yang memiliki alur pembuangan air sangat lebar. Bahkan ada pula ban yang seperti dibelah tengahnya untuk alur air. Seperti bisa ditebak, performanya dalam membuang air sangat hebat. Di hujan lebat sekalipun, air dengan mudah dibuang sehingga ban tetap mencengkeram ke jalan.

Kekurangan dari ban ini ada 2. Pertama adalah daya cengkeramnya di kering karena luas karet yang menempel aspal juga minim. Lantas alur besar membuat kebisingannya di jalan meningkat.

Posted in Tips Trik.