Mengenal Masalah Serta Gejala Rem Mobil ABS Cakram dan Tromol

Mengenal Masalah Serta Gejala  Rem Mobil ABS Cakram dan Tromol | Rem adalah sesuatu yang vital pada sebuah kendaraan baik roda dua dan roda empat, karena setiap kendaraan yang sedang melaju akan kita kendalikan dengan rem. Khususnya bagi kendaraan roda empat, kita tidak akan bisa mengendalikan laju kendaraan tanpa menggunakan rem sama sekali, bahkan kalau kita memaksakan untuk mengendarainya ketika rem dalam kondisi kurang performa, biasanya rem yang ambles bahkan juga bisa menjadi rem blong atau rusak dapat menyebabkan kecelakaan fatal, yang seperti ini lebih baik jangan dilakukan karena sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan pengguna jalan lain.

Jadi dari uraian singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa rem adalah bagian sistem keselamatan pada sebuah kendaraan khususnya mobil, sebetulnya rem merupakan salah satu komponen yang tidak sulit untuk kita rawat, hanya memerlukan sedikit waktu dan kebiasaan kita untuk memperhatikan rem kendaraan yang kita miliki.

Berikut ini adalah gejala kerusakan dan masalah yang biasa terjadi pada rem baik yang menggunakan rem sistem ABS, rem cakram dan tromol:

Rem kaku atau keras saat pedal rem diinjak: Bisa jadi karena adanya kerusakan booster rem, kebocoran selang hose vacum, atau juga.
Rem bunyi berisik, suara kampas tergores: Yang seperti ini biasanya hanya sebuah kotoran atau memang sedang terjadi sebuah gesekan antara besi dengan besi, atau biasa orang sebut kampas habis sehingga besi bantalan kampas tergesek secara langsung
Rem membanting kiri atau kanan: Ini bisa diakibatkan karena terjadi piston/kaliper rem macet pada salah satu roda, bisa juga karena setelan kerapatan rem tidak seimbang antara kiri dan kanan.
Rem ambles bahkan blong, jenis kerusakan yang paling berbahaya: ini bisa diakibatkan karena ada kebocoran, kebocoran bisa terjadi di master rem atas, selang atau master bawah, dan bisa juga akibat karet/seal master rem atas sudah aus.

Cara perawatan berkala pada rem mobil baik yang menggunakan rem sistem ABS, rem cakram dan tromol:

Rem Tromol

Biasakan kontrol minyak rem, dan segera isi ulang apabila sudah berada pada batas minimum pengisian.
Kontrol selang-selang mulai dari master atas hingga ke selang bawah pada roda, segera ganti apabila telah ditemukan kebocoran pada selang.
Bongkar ban dan lakukan pembersihan secara berkala, terhadap kaliper, cakram, dan komponen yang lain, dan segera ganti kampas rem apabila terlihat tipis.
Meski hal ini bisa kita jadikan sebagai rutinitas perawatan kendaraan dirumah, tapi perlakuan kita terhadap rem kendaraan yang kita miliki ini tetap terbatas, jika terjadi masalah rem yang cukup serius sebaiknya serahkan kepada mekanik atau bengkel yang berkompeten dalam masalah ini. Perlu kita ingat bahwa sebagian besar dari pemilik mobil mengabaikan perawatan berkala pada rem.

Sumber

Posted in News.