Mewaspadai Permasalahan Listrik Pada Kendaraan Eropa

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Kelistrikan merupakan salah satu bagian yang mesti dicek dengan seksama bila membeli mobil Eropa bekas. Pasalnya, kelistrikan di mobil Eropa memang cenderung lebih rumit dibanding mobil Jepang.

Kerumitan ini karena banyak fitur disematkan di sekujur mobil demi kenyamanan serta keamanan mengemudi. Konsekuensinya, sistem yang rumit membuat jumlah kabel serta sensor meningkat sehingga mengingkatkan potensi kerusakan.

Padahal kerusakan yang sering terjadi adalah masalah sepele seperti soket kendur atau kotor. Namun, bila tidak segera ditangani bisa berakibat buruk pada komponen lainnya.

Untuk mengetahuinya caranya cuma dengan men-scan mobil. Ini akan membuat malfungsi sistem kelistrikan akan terdeteksi. Kalau bengkel resmi pasti memiliki scanner yang bisa mendeteksi dengan detail.

Namun, bisa juga kerusakan komponen kelistrikan akibat tidak kuat menghadapi cuaca tropis. Kalau sudah begini memang harus mengganti instrumen baru.

Hal lain yang bisa menimbulkan problem adalah modifikasi yang terkait sistem kelistrikan. Misalnya menambah alarm atau mengganti sistem audio. Kalau menghubungkan kabelnya benar, tidak ada masalah, tapi kalau salah bisa merusak sistem kelistrikan mobil.

Sumber

Posted in Tips Trik.