Kelebihandan Kekurangan Mesin Mobil Diesel dan Bensin

Kelebihandan Kekurangan Mesin Mobil Diesel dan Bensin | Dihadapkan keputusan untuk memilih mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar dan bensin terkadang memang cukup menyulitkan. Sebab, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk mencari jawabannya, Anda harus mencermati perbedaan serta keunggulan kedua mesin tersebut. Namun, semuanya tentu kembali ke kebutuhan Anda.

Seperti dilansir situs resmi Toyota, jika tidak terlalu memperhatikan aspek kenyamanan, tren, dan penampilan, maka mobil bermesin diesel adalah pilihan yang tepat, terlebih jika digunakan untuk armada operasional usaha.

Tetapi sebaliknya, bila ingin mendapatkan kenyamanan gaya, serta akselerasi yang cepat, pilihannya tentu adalah kendaraan bermesin bensin. Meski demikian, keduanya tentu juga memiliki kekurangan.

Berikut kami jabarkan kelebihan dan kekurangan mobil bermesin diesel dan bensin:

Kelebihan mobil diesel

1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar, sehingga lebih efesien.

2. Secara umum, mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara di jalan off road.

3. Saat berkendara di bawah siraman hujan lebat, atau melintas di kondisi jalanan yang banjir, tidak perlu takut. Sebab, ruang mesin diesel tidak komponen eletrikal seperti distributor atau kabel busi.

4. Bila rasio mesin bensin dibatasai oleh tekanan bensin dan udara, pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang dikompres hanyalah udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel, maka tenaga akan bertambah dan sistem kerja mesin makin efisien.

5. Mesin diesel dikenal bandel. Bila dirawat dengan benar, daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin.

Kelemahan mobil diesel

1. Satu kelemahan yang paling dirasakan mobil diesel adalah suara mesin yang lebih berisik dibanding mesin bensin.

2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah.

3. Untuk akselerasi, mesinnya memiliki respon lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun kini, pabrikan sudah banyak mengaplikasi turbocharger untuk memperoleh tenaga spontan.

4. Beban pajak kendaraan bermotor diesel lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Karena, kebanyakan cc mesinnya lebih besar dengan rata-rata 2.000 cc ke atas.

5. Harga mobil diesel kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin. Mobil diesel juga memiliki tingkat polusi cukup tinggi.

Kelebihan mobil bensin

1. Akselerasi mesin jauh lebih responsif dan tingkat polusi lebih rendah.

2. Suara saat mesin dihidupkan hingga berakselerasi terdengar lebih halus.

3. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami sehingga dapat dengan mudah mengetahui gejala di komponen mesin jika terjadi kerusakan.

4. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

Kelemahan mobil bensin

1. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi.

2. Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir, karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU.

3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, ini menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin dan tangki bahan bakar.

4. Untuk beberapa tipe mobil tertentu, haruskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi di atas 91. Jika memakai di bawah 91, akan mengalami gejala knocking dari mesin yang berdampak menurunnya performa mesin.

Sumber

Posted in News and tagged , , , , , .