Mobil Jenis 4WD dan AWD Kelebihan dan Kekurangan

Mobil Jenis 4WD dan AWD Kelebihan dan Kekurangan  | Dalam dunia otomotif kadang-kadang didapati arti 4WD (Four Wheel Drive) serta AWD (All Wheel Drive). Ke-2 jenis mobil itu sesungguhnya keduanya sama memakai system penggerak 4 roda. Konfigurasi mesin 4WD serta AWD disalurkan ke semua roda. Walau jadi jadi tambah dengan cara penting, namun drivetrain layout ini mempunyai performa yang baik untuk keadaan akselerasi mobil dimuka putaran. Mobil 4WD juga termasuk juga unggul ditempat dengan permukaan yang licin hingga mobil type ini banyak dipakai juga sebagai mobil offroad. 4WD sendiri dibagi jadi sebagian type, yakni Full Time 4WD, Part Time 4WD, AWD (All Wheel Drive) serta Auto AWD.

Full Time 4WD ini berarti mobil senantiasa dalam keadaan 4WD serta memiliki pilihan low gear serta high gear. Lalu Part Time AWD berarti mempunyai penggerak roda yang diapat diswitch jadi 2WD dengan settingan low gear serta high gear terus ada. AWD bermakna mobil senantiasa dalam keadaan seluruhnya roda jadi penggerak dan tak ada settingan untuk low gear maupun high gear. Sedang Auto AWD, mobil bisa diswitch ke system 2WD serta 4WD dengan cara automatis sesuai sama jalan yang dilewati. Misal mobil yang memakai system 4WD yaitu New Chevrolet Colorado 2014.

System 4WD serta AWD sesungguhnya mempunyai manfaat yang sama yakni untuk mengoptimalkan traksi dari ke empat roda dengan cara berbarengan. System yang baik bisa memuntahkan torsi yang optimal pada roda tanpa ada kemungkinan selip. Torsi yaitu style yang dihasilkan mesin waktu pertama kali melaju dari posisi diam. Oleh oleh karena itu umumnya mobil-mobil offroad mempunyai torsi yang besar dengan system penggerak yang baik di roda-rodanya. Traksi sendiri yaitu daya maksimum yang bisa diberikan roda pada permukaan yang dilintasi. Makin baik traksi yang dapat diberikan jadi makin tinggi juga daya yang diberkan roda pada permukaan untuk menggerakkan mobil.

Traksi dipengaruhi beberapa hal, di antaranya adalah

  • Berat beban yang diterima oleh roda. Semakin berat beban, maka traksi akan semakin baik. Beban roda sendiri dapat berubah di tikungan yaitu saat bobot mobil berpindah pada sisi terluar.
  • Jenis roda yang digunakan dan permukaan yang dilewati oleh mobil. Contohnya adalah ban pacul atau ban off-road memiliki traksi yang lebih baik di lintasan berlumpur dibandingkan dengan ban biasa.

Kelebihan 4WD

  • Memiliki traksi yang baik dalam kondisi offroad
  • Penggunaan 4WD dapat dimatikan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kekurangan 4WD

  • Menambah beban mobil dan kerumitan mobil
  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan dengan model 2WD

Kelebihan AWD

  • Dapat meningkatkan kualitas grip ban dan handling mobil dalam berbagai macam kondisi
  • Memiliki traksi yang lebih baik
  • Sistem AWD selalu berkerja terus menerus

Kekurangan AWD

  • Efisiensi bahan bakar menjadi berkurang
  • Menambahkan beban mobil dan kerumitan mobil
  • Kurang maksimal digunakan dalam medan offroad yang ekstreem seperti jalanan menanjak dan bersalju

Gimana, sudah mengertikan kelebihan dan kekurangan Mobil 4WD dan AWD..? Jadi silahkan memilih mobil sesuai dengan keinginan Anda.

Sumber

Posted in News and tagged , , , , , , , .