Penjelasan Aki Mobil Soak Meskipun Mobil Jarang Dipakai

Penjelasan Aki Mobil Soak Meskipun Mobil Jarang Dipakai | Seringkali para pemilik mobil tidak menyadari bahwa accu, atau aki kerap tiba-tiba soak. Padahal, mobil jarang dipakai dan hanya disimpan di garasi.

Menurut Direktur PT Anugrah Idealestari (AIL) Budi Santosa, meski mobil jarang dipakai, namun daya aki akan melemah, karena ada beberapa elemen yang menurun.

“Kalau jarang dipakai itu bisa low charge, misalkan dua-tiga minggu digeletakkan, itu pasti low charge. Tetapi, itu bisa dicharge dan dipakai lagi sih bisa,” ujar Budi, Jumat 7 Agustus 2015.

Jika hal itu terjadi, di mana aki tidak menyalurkan listrik sama sekali sampai mobil mogok, Budi menyarankan aki segera dilepas dan langsung di-charge sesuai ukuran daya aki.

Budi menjelaskan, penyebab lain yang bisa memengaruhi usia aki meski tidak dipakai salah satunya adalah korsleting.

“Intinya adalah kondisi mobil standar normal (tanpa modifikasi), kalau korslet yah bisa saja, karena ada beberapa kondisi yang kita tidak tahu, dan karena itu sekali waktu ada baiknya aki dicek,” ucap Budi.

Namun, saat mobil yang dipastikan tidak akan dipakai dalam jangka panjang, ada baiknya terminal positif, atau negatif pada baterai cukup dilepas. Tentu saja, ini dilakukan untuk mensiasati, agar tidak korsleting hingga merugikan pemilik mobil. (asp)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .