Perbandingan Antara Lampu HID dan LED

Perbandingan Antara Lampu HID dan LED | Tren penggunaan lampu HID dan LED semakin besar. Banyak pengguna kendaraan bermotor memutuskan mengganti lampu standarnya dengan jenis lampu tersebut.

Lantas, lebih baik mana, lampu HID atau LED? Menurut Gesang, salah satu sales Autovision, distributor lampu-lampu kendaraan, keduanya sama-sama baik. Tergantung kebutuhan penggunanya.

“Lebih bagus mana antara LED dan HID sebetulnya tergantung kebutuhan. Misalnya mereka yang lebih banyak menggunakan kendaraan untuk jarak jauh, lebih cocok pakai HID,” katanya di booth Autovision, hall 1 B ICE-BSD City, Selasa (25/8/2015).

Gesang mengatakan, tingkat Lumens (keterangan) HID secara umum lebih tinggi dibanding LED, yaitu dari 6000 hingga 8000 Lumens. Tingkat ini membuat HID lebih mampu menembus hambatan-hambatan pandangan seperti kabut dan hujan.

Harga kedua lampu tersebut juga tidak terlalu jauh, baik yang varian Zenith ataupun Carbon. LED Carbon misalnya, dibanderol dengan harga Rp 1,77 juta untuk tipe single beam dan Rp 1,94 juta untuk tipe Hi/Lo.

Di luar itu, Gesang menambahkan bahwa baik lampu HID atau LED lebih baik dibanding lampu halogen. “Pertama lebih tahan lama, kedua lebih hemat energi,” tutupnya.(rio/)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .