Perkiraan Harga Suzuki Jimny 2016 Terbaru

Kemungkinan besar tahun ini Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan menjual Suzuki Jimny ke pasar Indonesia. Bos SIS pun tak menampik hal ini saat kami temui pertengahan Januari lalu. Bahkan SIS sudah menyelesaikan pendaftaran Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor di Kementerian Perindustrian. Di situs TPT terpampang Jimny yang didaftarkan memakai sistem gerak 4X4 dan transmisi otomatis. Lantas, berapa harga Suzuki Jimny terbaru di Indonesia?

“Tunggu saja waktunya nanti. Pasti kita kabari kok,” sebut Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT SIS. Meski sudah bukan generasi baru karena telah dijual di pasar Jepang sejak tahun 1998, namun Suzuki Jimny berkode sasis SN413 ini masih dijual hingga sekarang. Mesin bensinnya 1.300 cc dengan katup variabel bertenaga 83 dk. Ciri khas Jimny sebagai jip gerak 4 roda tetap dipertahankan. “Oleh karena itu kena pajak lebih besar, sehingga harga jualnya tidak bisa ditekan,” tambah Davy.

Kami mencoba mengorek kisaran harga dari Davy. Namun pria yang pernah berkarir di Toyota Astra Motor dan Ford Motor Indonesia ini masih belum mau menyebutkan. Apakah mungkin di bawah Rp 200 juta? “Ah enggak mungkin itu. Soalnya kena pajak lebih gede untuk gerak 4 roda. Jika 4X2 masih mungkin bisa segitu (Rp 200 juta). Sayangnya di Jepang tidak ada pilihan 4X2,” ucap Davy.

Lantas bisakah diprediksi harga Suzuki Jimny terbaru yang akan dijual di Indonesia nanti? Importir umum saat ini menjualnya di kisaran Rp 400 jutaan. “Ah kita (SIS) bisa lebih murah,” sergah Davy. Mungkinkah ada di kisaran Rp 250-300 jutaan? Bisa jadi. “Sejak muncul isu ini di media, sudah banyak konsumen yang menanyakan ke showroom. Bahkan ada yang berani kasih uang muka jika mobilnya sudah datang,” papar Davy lagi.

Suzuki Jimny di Indonesia memang memiliki kisah panjang dan lekat dengan keseharian rakyat Indonesia. Meski tenaganya tak besar namun cukup andal dipakai di trek off-road berat. Hingga saat ini pun kerap jadi favorit para pembalap untuk berkompetisi off-road. Biaya perawatan yang murah ditambah komponen modifikasi yang berlimpah jadi daya tarik tersendiri.

Tak heran bila kehadirannya kembali di Tanah Air ditunggu-tunggu. Meski pasarnya tak sebesar Suzuki Ertiga, namun segmen ini memiliki konsumen loyal dan belum ada merek lain yang masuk.

Sumber

Posted in News and tagged , , .