Suzuki Carry Futura 1.5 Keunggulan Serta Kekurangannya

Suzuki Carry Futura 1.5 Keunggulan Serta Kekurangannya | Suzuki Carry merupakan mobil minibus multiguna yang memiliki segudang keunggulan atau kelebihan, yang jarang kita temui ulasannya di situs-situs mobil maupun otomotif hari ini, alasannya keluaranya mobil-mobil baru. Mari coba kita tinjau tentang kelebihan suzuki carry ini. Suzuki Carry merupakan mobil jenis kendaraan niaga yang mampu memuat sampai 9 penumpang, mobil ini juga sering digolongkan minibus atau microbus karena daya muatnya. Suzuki Carry mempunyai varian yang cukup banyak mulai populer dengan suzuki carry 1.0 tahun 1990 sampai tahun 2012 ini masih bisa kita cari suzuki carry baru di dealer suzuki, antara lain Suzuki Carry 1.5 Real Van dan Carry 1.5 Futura Pick Up.

Sebagian orang sangat fanatik pada mobil ini, termasuk saya sendiri ingin memiliki suzuki carry atau katana (hehehe), baiklah kita mulai bahas keunggulan atau kelebihan mobil ini 🙂 .
Carry mempunyai kelebihan umum yang sulit dimiliki kendaraan keluaran terbaru karena beberapa alasan, beberapa kelebihan atau keunggulan suzuki carry:1. Harga beli yang murah
2. Spare part atau suku cadang yang tersedia dimana-mana karena mobil ini sudah terbilang lama dan banyak digunakan untuk angkutan umum sehingga suku cadangnya banyak dan murah.
3. Memiliki kabin yang sangat luas, sehingga bisa memasukkan seluruh keluarga dan membawa barang bawaan yang banyak, hal ini berbeda dengan mobil kijang atau sejenisnya yang katanya mampu memuat banyak penumpang, akan tetapi ukuran kabin padahal tidak cukup besar? kijang mampu dinaiki 8 penumpang tapi sangat berdesak-desakan sehingga tidak mungkin lagi di isi barang, sedangkan Carry mampu dengan 8 penumpang tapi masih memiliki ruang yang cukup longgar yang bisa untuk barang. dari volume kabin memang lebih besar carry, lihat kabin suzuki carry lebih tinggi dan lebih panjang (hampir seluruh bodynya berfungsi sebagai kabin).
4. Irit, mobil ini terkenal irit dibandingkan dengan toyota kijang atau yang lain
5. Awet bandel, carry terkenal awet baik mesin maupun exteriornya. bandingkan dengan kendaraan niaga sejenis seperti espass, mobil carry ini terkenal bandel dan jarang rewel, kalo rewel ke no. 6
6. Servis yang murah dan mudah, servis bisa dilakukan di bengkel-bengkel mobil biasa, suku cadangnya  banyak dan murah, banyak suku cadang yang tidak orisinal tapi sangat murah. Mudah perawatannya..
7. Memiliki harga jual yang relatif stabil, karena mobil ini bukan musiman atau sekedar iseng dan hoby, karena mobil carry pasti mempertimbangkan kebutuhan dalam membeli sehingga harga jual mobil ini relatif stabil.

Sedangkan kekurangan suzuki carry adalah:
1. Bagian depan yang kurang mancung, sehingga rawan bagi pengemudi bila terjadi kecelakaan. makanya mengendaraai atau menyetir mobil ini harus hati-hati, hehehe
2. Suspensi belakang yang kurang empuk, hal ini dikarenakan mobil ini dirancang membawa penumpang banyak, tapi jika diisi penumpang 9 orang dijamin mobil ini akan empuk, hehehehe
3. Kurang stabil saat berada pada kecepatan tinggi apalagi saat menikung, mengendarai kendaraan ini harus hati-hati saat memuat penumpang banyak, jangan cepat-cepat kalo menikung.
4. Jika melakukan servis sendiri agak repot, karena mesin suzuki carry ada di bawah mobil berbeda dengan kijang yang ada di muka.
5. Saat tanjakan pegunungan kadang2 jika tidak kuat biasanya harus berhenti dulu untuk didinginkan (untuk carry tahun 90 an) tapi jangan khawatir, setelah istirahat bisa dilanjutkan lagi perjalanannya.
Itulah kekurangan dan kelebihan suzuki carry, untuk carry yang baru ada dua jenis yang bisa didapatkan di dealer suzuki antara lain Suzuki Carry 1.5 Real Van dan Carry 1.5 Futura Pick Up.

Beberapa saingan suzuki carry untuk pasar mobil bekas antara lain (baca ulasan) :
* Kijang Super dan Kijang Grand Extra
* Daihatsu Espass
* Kijang Kapsul LX LSX sampai Krista
Di bawah ini adalah beberapa mobil minibus saingan Suzuki Carry 1.5 Real Van:
1. Toyota Avanza Veloz
2. Nissan Evalia
3. Nissan Grand Livina Highway Star
4. APV
5. Granmax Minibus
6. Suzuki Ertiga

Sumber

Posted in News and tagged , , , .