Suzuki Celerio Diesel Lebih Irit Bahan Bakar

Suzuki Celerio Diesel Lebih Irit Bahan Bakar | Suzuki Motor Corporation baru saja memperkenalkan mesin diesel pertama yang berhasil dikembangkan bernama DDiS 125. Mesin yang diperkenalkan di India ini rencananya akan ditanamkan pada Suzuki Celerio.

Mesin diesel 0,8 liter DDiS 125 ini mampu produksi 47 Tk dan torsi 125 Nm. Mesin itu habiskan rata-rata 3,7 liter/100 km. Dengan mesin ini, Celerio akan menjadi mobil paling hemat bahan bakar di India.

Sebagai perbandingan, Celerio saat ini mengemas mesin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter yang mampu semburkan tenaga maksimal 67 Tk dan torsi 90 Nm.

Menurut Suzuki, mesin DDiS 125 kompak dan ringan serta memiliki blok silinder aluminium dan turbocharger yang cocok untuk mesin dua silinder.

Di Indonesia, city car asal Jepang ini sudah dapat dipesan di dealer-dealer resmi Suzuki. Untuk harga, PT Suzuki Indonobil Sales (SIS) masih merahasiakannya, meskipun mereka mengatakan bahwa harganya di atas Wagon R.

Celerio yang dijual di Indonesia ini berbeda dengan India. Fitur dan sistem transmisinya disesuaikan dengan negara masing-masing. Jadi, belum jelas apakah mesin diesel ini juga akan ditanamkan pada Celerio yang dipasarkan di Indonesia atau tidak. (rio/gst/sts)

Sumber

Posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , .