Suzuki Ertiga Facelift 2015 Eksterior Interior

Suzuki Ertiga Facelift 2015 Eksterior Interior | Ubahan yang dilakukan terhadap Suzuki Ertiga sebenarnya tidak banyak, lampu depannya masih sama, kap mesinnya juga masih sama seperti model pendahulunya, karena facelift ini bukanlah facelift besar-besaran seperti halnya Nissan Grand Livina di tahun 2013 silam dan Toyota Grand New Avanza terbaru yang diluncurkan hari Rabu mendatang.

Karena hanya sebatas facelift ringan, atau biasa disebut minor change perbedaannya ada pada grille depan yang kini menjadi lebih tipikal Suzuki dan bumper depan baru dengan housing fog lamp yang lebih besar dan lebar dengan lekukan garis yang berotot. Khusus untuk tipe GX, kita akan mendapatkan chrome di bagian atas housing foglampnya.

Eksterior

Review-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015-630x418

Untuk tipe GX, selain ia mendapatkan chrome pada housing foglampnya, ia juga mendapatkan cover spion dengan lampu sein seperti Toyota Avanza, dan kami suka dengan model cover spionnya yang tidak diberikan tambahan chrome dan memiliki gagang yang menempel pada bodi pintu, bukan lis kaca pintu seperti Avanza atau Mobilio. Tapi di tipe GL kini lampu sein pada spion di hilangkan, tidak seperti pada versi sebelumnya.

Sisanya, rasanya tidak ada perbedaan lagi dari sisi depan kecuali hal yang telah kami jabarkan. Oke, karena tidak ada yang bisa kita bahas lebih dalam, mari lanjut ke bagian belakangnya.

Melihat bagian belakang mobil ini rasanya Dejavu, karena bocoran Toyota Avanza sudah hadir lebih dulu menggunakan reflektor yang menyambung dengan garnish chrome plat nomor belakang. Namun bedanya jika Avanza mengalami perubahan pada kombinasi lampu belakangnya, di mobil ini sama sekali tidak ada ubahan.

Rear-Reflector-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015-630x473

Ubahan lain juga ada pada model bumper belakang baru yang sedikit berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya, ditambah lagi kita akan mendapatkan 2 buah sensor parkir yang sudah menjadi fitur standar mulai dari tipe GL hingga GX. Terakhir, desain velg mobil ini juga mendapatkan ubahan desain yang lebih mewah karena memiliki palang yang lebih banyak, hanya saja seharusnya di tipe tertinggi, Suzuki harusnya memberikan velg two tone color seperti Avanza Veloz agar terkesan beda dengan tipe dibawahnya.

Interior

Interior-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015-630x427

Masuk ke dalam Interior Suzuki Ertiga rupanya tidak seperti bocoran yang pertama kami dapatkan. Warna dashboardnya masih sama, motif joknya juga masih sama, dan fiturnya pun masih sama dengan model sebelumnya. Lupakan fitur-fitur canggih seperti AC digital dengan climate control dan push start stop engine button.

Lantas apa perbedaannya? Mudah saja, kita akan mendapatkan model setir baru dengan lingkar kemudi berwarna coklat gelap, sebelumnya setir mobil ini memiliki warna cerah yang mudah sekali kotor karena pemakaian sehari hari.

Setir-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015-630x299

Tidak hanya warna setir saja yang diubah oleh Suzuki, namun warna tuas perseneling juga diubah menjadi coklat gelap, dan tuas rem tangan juga dibuat seperti itu agar tidak rentan dengan kotoran. Sisanya masih sama tipikal Ertiga model non facelift yang memang interiornya sudah bagus meskipun tidak ada ubahan signifikan seperti halnya interior Avanza Grand New. Di belakang rem tangan, kita juga mendapatkan sebuah console box untuk menyimpan barang.

Masih seputar dashboard, tuas AC, speedometer, ruang penyimpanan di mobil ini tidak ada yang diubah oleh Suzuki. Namun ada satu hal yang diubah oleh Suzuki, namun ubahan itu tidak akan kita sadari kalau kita tidak memperhatikannya secara detail.

perbedaannya ada pada layar head unitnya yang kini memiliki frame berwarna coklat dengan lekukan ke dalam agar tampak lebih….. Hmmm…. saya justru nggak ngerti kenapa head unitnya dibuat memiliki perbedaan seperti itu, versi sebelumnya seolah memiliki layar datar, padahal secara fungsi dan fitur, head unit mobil ini masih sama persis hanya berbeda di bentuk layar. Meskipun begitu, kami yakin kualitas suara audio Suzuki Ertiga pasti menurun karena hilangnya tweeter di tipe GX sekalipun. Tapi bagaimanapun juga dashboard Suzuki Ertiga tetap terasa lebih mewah dan memiliki kualitas material yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya.

Door-Trim-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015-630x416

Seperti yang kami bilang bahwa mobil ini memiliki motif jok yang sama dan warna yang sama, begitupula dengan door trimnya yang masih sama saja dengan model sebelumnya. Lantas apa yang berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya? Tentunya ada di tempat pengemudi berada dong sob.

Pertama, Suzuki mengupdate power window pengemudi mereka yang tadinya hanya memiliki fitur auto down saja, kini menjadi auto up juga. Begitupula dengan bagian spion luar yang kini mendapatkan power retractable mirror untuk tipe GX. Nah, akhirnya ada juga peningkatan fiturnya, karena dari tadi hanya berganti model dan warna saja.

Masih penasaran dengan ubahan warna yang diberikan Suzuki pada trim joknya? Ya, Suzuki mengubah warna jok mobil ini dari Beige menjadi Elegant Beige. Lantas apa itu elegant beige? Ternyata elegant beige itu adalah kursi yang dengan warna dan motif yang sama, namun memiliki warna abu-abu di balik kursi terakhir agar tidak cepat kotor ketika dilipat dan dipenuhi oleh barang bawaan. Oh, tak kira apa toh…. Cuma bahasa marketing rupanya. Oh ya, karpet dasar mobil ini juga ikut berubah menjadi abu-abu seperti halnya bagian belakang kursi baris terakhir.

Namun harus mengapresiasi mengingat Suzuki Ertiga merupakan MPV yang memiliki fungsionalitas yang sangat baik karena kursi baris ketiganya bisa dilipat rata lantai hingga kursi baris kedua, fitur ini hanya anda dapatkan di Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina saja. Namun yang lebih asik lagi, kini Suzuki membuat kursi baris ketiga menjadi individual, karena antara kursi bagian kanan dan kirinya kini terpisah dan bisa dilipat secara terpisah pula.

Mesin

Suzuki ini agak unik, dimana kompetitornya memberikan mesin baru yang lebih bertenaga pada varian faceliftnya, Suzuki Ertiga justru mendapatkan mesin yang sama. Maksudnya bukan mesin yang sama itu jelek, tapi mengapa tenaganya harus disunat menjadi 92 Ps saja dari yang sebelumnya 95 Ps. Adapun tenaga tersebut dicapai di putaran mesin yang sama dengan sebelumnya, tapi rasio final gearnya direvisi. Padahal Avanza mendapatkan kenaikan tenaga yang signifikan menjadi 96.5 atau 97 Ps untuk varian mesin 1.300 ccnya.

Fitur & Safety

Kini Suzuki Ertiga telah dilengkapi dengan dua buah Airbags di semua model seperti halnya Toyota Avanza, selain itu tidak ada fitur keselamatan atau keamanan baru di mobil ini mengingat mobil ini sudah cukup lengkap dibandingkan dengan model di kelasnya. Contoh seperti side impact beam, rem ABS dan immobilizer sudah ada di mobil ini sejak pertama kali diluncurkan. Hanya saja seharusnya Suzuki menambah kursi ISOFIX dengan top tether agar lebih aman untuk membawa anak bayi.

Soal Fitur, mobil ini menambah 3 buah fitur yang terdiri dari auto up and down power window pada kursi pengemudi, power retractable mirror di tipe GX dan rear parking sensor di tipe GL dan GX. Sayangnya Suzuki Ertiga tipe GX harus kehilangan dua buah tweeter yang berfungsi untuk memberikan suara treble yang pas. Sisanya tidak ada yang berbeda dibandingkan model sebelumnya

Sumber

Posted in News and tagged .