Suzuki Ertiga Mobil Favorit Keluarga Selama 2 Tahun Terakhir

Dealer Mobil Suzuki Bandung | Pasar mobil Indonesia terhentak pada dua tahun lalu ketika Suzuki memperkenalkan Ertiga untuk masuk ke pasar Low Multi Purpose Vehicle, pasar yang selama ini dikuasai dengan tenang oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Inilah sepak terjang Ertiga di dua tahun pertamanya di Indonesia.

Suzuki Ertiga Mobil Favorit Keluarga  yang memiliki tagline ‘Lebih Mengerti Keluarga’ ini baru saja merayakan hari jadi yang ke-2 tahun ini. Model ini diluncurkan tepat tanggal 22 April 2012 lalu dan langsung menjelma menjadi salah satu kendaraan Low MPV fenomenal di industri otomotif nasional dan berhasil menggoyang pasar.

Berikut kiprah Ertiga dan beberapa varian-varian yang diluncurkan di Indonesia:

1. Pertama diluncurkan 22 April

Awal peluncurannya, ERTIGA hadir di Indonesia pada tanggal 22 April 2012 lalu di Hotel Gran Melia, Jakarta. Kehadirannya telah merebut perhatian masyarakat Indonesia sebagai mobil berjenis Low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang memiliki fitur–fitur lengkap, terutama fitur keselamatan dan keamanan di kelasnya.

Saat itu, Suzuki meluncurkan 3 varian bensin sekaligus untuk masyarakat Indonesia dengan harga mulai dari Rp 143 juta (Ertiga GA), Rp 153 juta (Ertiga GL), dan Rp 165 juta (tipe tertinggi Ertiga GX).

2. AC Double Blower

Dengan meningkatnya permintaan pasar akan fitur AC Double Blower, maka pada tanggal 29 Januari 2013, PT. SIS meluncurkan ERTIGA dengan AC Double Blower di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

3. Punya Transmisi Otomatis

Belum lengkap rasanya bagi pengemudi untuk memudahkan berkendara dalam menghadapi kemacetan di jalan, terutama yang terjadi di kota–kota besar di Indonesia, maka PT. SIS menghadirkan ERTIGA dengan transmisi otomatis (Automatic Transmission/ AT) pada tanggal 17 Mei 2013 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

4. Tambah Varian Ertiga Elegant

Penerimaan pasar pun makin massif terjadi. Itulah yang kemudian mendorong Suzuki menghadirkan 2 (dua) varian dengan tampilan luar (eksterior) yang lebih menarik, yaitu Ertiga Elegant (diluncurkan pada tanggal 2 September 2013).

Varian ini menurut Suzuki dibuat memang menonjolkan kesan mewah. Elegant dikembangkan dari Ertiga GX yang mendapatkan paket aksesori untuk eksterior dan interior. Eksterior, ditambahi body kit mulai dari bodi depan, samping hingga bemper belakang.

Untuk melengkapi nuansa eksklusif eksterior, ditambahkan aksentuasi krom pada bagian kisi udara bemper dan sisi luar rumah lampu kabut. Untuk membedakan dari varian lain, di belakang pasang emblem Elegant di atas tulisan GX.

Di segi interior, dilapisi jok kulit, mulai dari kursi depan hingga baris ketiga. Varian ini dilengkapi sejumlah fitur. Diantaranya adalah fitur tilt steering, key entry, central lock, audio steering, switch, dan audio bersistem 2DIN CD/Mp3 dengan koneksi USB.

Sedangkan untuk tipe GX telah dibekali peranti ABS. Untuk bagian grill depan dan garnis belakang berlapis chrome memperkuat tampilan lebih elegant. Bagian mesin menggunakan mesin K14B yang ringan dan bertenaga dan tersedia dalam dua pilihan yakni manual dan matic. Mesin ini cukup sporty dalam mendorong MPV yang berkapasitas tujuh penumpang ini.

Fitur lain yang terdapat pada Ertiga Elegant adalah Eco Leather Set, Fog Lamp Bezel, Back Door Garnish, Side Under Spoiler, Back Door Garnish, Rear Under Spoiler dan Muffler Extension.

5. Ertiga Sporty

Langkah berlanjut ketika Suzuki memperkenalkan Ertiga Sporty (diluncurkan pada tanggal 19 Februari 2014 di Hotel Gran Melia, Jakarta).

Varian Ertiga Sporty ini memiliki kontur wajah lebih memikat karena unsur sporty yang kental.

Ubahan eksterior yang dilakukan pada front bumper, grille ornament, side skirt, rear bumper dan upper spoiler.

SIS juga menyematkan muffler extension, pelek model baru ukuran 16 inci yang dibalut ban 205/55R16. Hadirnya Suzuki Ertiga Sporty sekarang ini merupakan jawaban atas keinginan calon pembeli yang berjiwa muda untuk memiliki sebuah kendaraan yang ideal.

Untuk mesin Suzuki Ertiga Sporty ini masih mengusung tipe yang sama dengan varian sebelumnya, yaitu 4-silinder dengan kapasitas 1.400 cc berteknologi Variabel Valve Timing (VVT).

6. Sudah Terjual Lebih dari 100.000 Unit

Sejak dua tahun lalu itu, total penjualan Ertiga hingga Maret 2014 sudah mencapai angka sebesar 109.461 unit (wholesales).

Selain catatan apik tersebut, sejak pertama kali diluncurkan model ini memang telah mendapat penerimaan pasar yang baik. Di tahun pertama kehadirannya saja model ini telah terjual sebanyak 34.074 unit.

Angka itu kemudian meningkat hingga 85,8 persen di tahun 2013 setelah terjual sampai 63.318 unit dan menjadikannya sebagai salah satu kendaraan Low MPV fenomenal di industri otomotif nasional dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini.

Tidak hanya penjualan di pasar domestik, Ertiga juga tercatat telah menembus pasar ekspor, dengan negara tujuan Thailand. Total penjualan mencapai angka 3.864 unit selama tahun 2013.

Sumber: oto detik

Posted in News and tagged , , , , , .