Suzuki Kembangkan Mesin Diesel 800cc 2 Silinder untuk Celerio

Suzuki Kembangkan Mesin Diesel 800cc 2 Silinder untuk Celerio | Suzuki Motor Corporation sedang mengembangkan mesin diesel E08A untuk kendaraan kompak dengan kapasitas 800 cc, dua silinder yang lebih ringan dan kompak. Mesin itu akan diperkenalkan untuk pasar India.

Pabrikan berlogo ‘S’ itu akan menggunakan mesin E08A untuk model Celerio. Namun, Celerio yang akan mengusung mesin yang lebih kompak itu hanya ditawarkan di India.

Suzuki juga akan melengkapi jajaran mesin diesel 1.3 dan 1.2 liter terutama untuk pasar selain India. Namun, mesin itu merupakan pasokan dari perusahaan lain.

Tapi, mesin diesel E08A dua silinder berkapasitas 800 cc ini secara eksklusif dikembangkan oleh Suzuki. Pengembangan mesin itu ditujukan untuk menanggapi tuntutan spesifikasi mesin diesel dari pasar India.

Mesin tersebut memanfaatkan material aluminium pada blok silindernya. Mesin ini lebih ringan dengan didukung turbocharger dan pasokan bahan bakar yang cocok untuk mesin dua silinder kompak.

Torsi tinggi pada kecepatan rendah dan performa efisiensi bahan bakar dibuat kompatibel dengan memasukkan rasio kompresi rendah dan intercooler besar. Selain itu, getaran frekuensi rendah dari mesin diesel dua silinder berkurang dengan mengoptimalkan flywheel.

Jika mesin tersebut dipasang pada Celerio, Suzuki kemungkinan akan mengoptimalkan instlasi mesin, body rigidity dan menambahkan material penyerap noise. Getaran frekuensi rendah dan kebisingan pembakaran dikurangi dan kenyamanan keseluruhan ditingkatkan.

Selanjutnya, konsumsi bahan bakar Celerio akan lebih irit dengan mesin ini. Konsumsi BBM Celerio dengan mesin 800 cc dua silinder tercatat sebesar 27.62 km/liter (berdasarkan standar pengukuran India).

oto.detik.com

Posted in News and tagged , , , , , , , , , , , , , , , .