Tanda Bagian Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Tanda Bagian Kaki-kaki Mobil Bermasalah | Kenyamanan pada kendaraan roda empat salah satunya dipengaruhi oleh kinerja kaki-kaki, terutama sokbreker. Tugas komponen ini cukup penting untuk meredam guncangan dan membuat berkendara lebih nyaman.

“Tapi karena penggunaan yang sembarangan, komponen ini jadi cepat rusak. Tandanya biasanya ada bunyi dari arah kaki-kaki kendaraan. Kalau sudah seperti itu sebaiknya segera diperiksakan ke bengkel kaki-kaki terdekat,” ucap Heri dari Heri Jaya Per, Kalimalang, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Tanda lain sokbreker dalam kondisi tidak sehat adalah saat melewati jalan bergelombang, badan mobil seperti ditarik ke kiri dan ke kanan. Pengendaraan jadi tidak nyaman.

Ciri lain adalah ban kendaraan mengalami keausan yang tidak rata meskipun telah melakukan spooring. Jika tanda-tanda diatas terpenuhi, pengecekan bagian kaki-kaki perlu segera dilakukan.

“Pengecekan sebelum ada masalah lebih banyak karena komponen kaki-kaki berhubungan satu dengan yang lain. Pengecekan hanya sejam di bengkel kaki-kaki roda empat,” ucap Heri.

“Perawatan paling benar untuk sokbreker cara pemakaian. Jangan suka menerabas lubang, jalan bergelombang dengan kecepatan kencang. Sudah pasti umur suspensi lebih lama,” ujar Heri.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .