Tips Sederhana Menyamarkan Goresan Pada Cat Mobil

Tips Sederhana Menyamarkan Goresan Pada Cat Mobil | Kebanyakan orang menganggap mobil merupakan barang mewah. Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka memperlakukan mobil bak istri kedua, dikit-dikit pergi ke salon mobil, sampai-sampai istri sendiri nggak keurus, yang ini jangan sampai pemirsa. Cat mobil merupakan bagian paling vital dalam urusan keindahan eksterio mobil, maka dari itu sangat penting merawat cat mobil dari awal.

Akan tetapi yang namanya manusia pasti tidak luput dari kesalahan, begitu pula dengan mobil, pasti ada-ada saja hal yang menyebabkan permuakaan cat mobil itu tergores atau lain sebagainya. Apabila keadaan tersebut sudah terjadi, maka anda  tentu saja di buat pusing olehnya. Untuk mengatasi hal itu anda bisa membawanya kesalon mobil atau juga anda bisa kerjakan di rumah dengan mengikuti cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Sebelum kita masuk pada pekerjaan cara menghilangkan goresan pada cat mobil, maka kita harus memperhatikan dengan betul-betul, apakah pada body mobil itu terdapat goresan ringan, goresan sedang atau goresan dalam.

Goresan ringan
yaitu goresan yang tidak melukai susunan cat. Misalnya goresan pada cat mobil yang diakibatkan karena terkena kuku ataupun terkena lapisan lap yang sedikit kasar. Cara menghilangkan goresan di bodi mobil seperti ini cukup dengan menggunakan produk pemoles (wax, kompon, swril remover, maupun stratch remover) yang dioleskan atau disemprotkan pada kain bertekstur lembut (dapat menggunakan kain mikrofiber), lalu gosokan berulangkali pada daerah bodi mobil yang tergores. Setelah itu sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish agar permukaan cat mobil kembali bersih dan bercahaya.

Goresan sedang
yaitu goresan yang sudah sampai mengenai cat dasar. Biasanya terjadi karena tangan-tangan usil, tergores kawat, ataupun tergores ranting dahan pohon. Cara menghilangkan goresan pada cat mobil yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan permukaan yang tergores menggunakan grease remover dan wax. Setelah itu Anda dapat melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil Anda yang tergores.

Goresan dalam
yaitu jenis goresan yang sudah menembus lapisan cat dasar dan mengenai logam bodi mobil. Biasanya tidak ada cara lain selain mengecatnya kembali. Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil di jenis goresan ini ialah dengan mengamplasnya beberapa kali lalu semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan thinner berkualitas. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk segera mendatangi bengkel cat mobil terdekat di daerah Anda.

Yang akan kita bahas kali ini adalah cara mengatasi baret ringan yang terdapat pada mobil kita, karena untuk baret sedang dan dalam maua tidak mau kita harus membawa ke bengkel cat. Untuk melakukan pekerjaan menghilangkan baret ringan, lakukanlah hal berikut.

1. Bersihkan terlebih dahulu pada area sekitar bagian yang baret tadi untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin masih menempel pada body mobil.

2. Setelah di cuci bersih, keringkan body yang tergores tadi dengan lap kering dan bersih. Intinya adalah sedapat mungkin area yang tergores dapat sebersih mungkin jangan ada debu atau partikel kecil lainnya yang masih menempel.

3. Oleskan produk penghilang goresan cat mobil yang saat ini banyak beredar di pasaran. Pastikan membeli produk yang berkualitas dan jangan lupa membaca petunjuk penggunaannya. Dalam hal ini anda juga dapat menggunakan compound, namun perlu di ingat bahwa penggunaan compound hanya seperlunya saja, karena cara kerja compound adalah mengikis lapisan cat secara halus, jadi apabila terlalu berlebihan maka akan merusak struktur cat mobil anda.

4. Aplikasikan produk penghilang goresan atau kompon dengan menggunakan kain lap bertekstur lembut. Pastikan kain tersebut bersih dan pastikan pula tidak ada pasir atau partikel keras tajam yang ada pada kain lap. Hal ini untuk menghindari timbulnya goresan-goresan baru pada cat mobil anda.

5. Apabila goresan sudah mulai tersamarkan dan hilang, Anda dapat melanjutkan ke tahap finishing, yaitu memoleskan cairan atau gel pengkilap cat mobil agar sisi bodi mobil kembali mengkilap. Inilah cara menghilangkan goresan pada cat mobil yang selanjutnya. Namun jika ternyata masih tampak sedikit bekas goresan, Anda dapat mengulangi langkah dengan menggosok kembali dengan produk penghilang goresan ataupun kompon. Hingga di dapat goresan yang benar-benar hilang.

Selesai sudah cara menghilangkan baret yang sebenarnya dapat kita lakukan sendiri di rumah, namun perlu di ingat bahwa cara di atas hanya dapat di lakukan kalau goresan yang terdapat pada mobil merupakan goresan ringan.

Posted in Tips Trik and tagged , , , , .