Tujuan Diciptakannya Mobil Matik

Tujuan Diciptakannya Mobil Matik | Mobil dengan transmisi otomatis alias matik kini tengah menjamur di kalangan masyarakat. Mobil matik dipilih karena memiliki berbagai diferensiasi menarik ketimbang sistem transmisi manual.

Tak heran jika kemudian 10 tahun belakangan, populasi mobil matik terus bertambah banyak dan menjadi ceruk seksi penjualan banyak pabrikan otomotif.

Lantas apa sebenarnya tujuan diciptakannya transmisi otomatis atau matik ini? Dilansir situs resmi Toyota, Selasa, 23 Februari 2016, sebenarnya tujuan diciptakannya transmisi otomatis ini sama halnya dengan penciptaan transmisi manual.

Hal ini karena seringnya terjadi kemacetan di kota-kota besar di sejumlah negara, sehingga diperlukan jenis transmisi yang memudahkan pengemudi dan membuatnya tak lelah. Diketahui pengoperasian transmisi otomatis sangat mudah, tinggal injak pedal gas dan rem saja, mobil akan melaju sempurna.

Peran transmisi otomatis sendiri yakni memberikan pengemudi berbagai macam jenis kecepatan yang diinginkan. Jika sistem transmisi manual akan mendapatkan rentang tenaga serta putaran mesin yang terbatas dari mesin. Sementara transmisi otomatis tidak diberikan gigi, kecepatan mobil tentu tak akan dibatasi pada satu rentang tenaga saja.

Sebagai contoh, ketika mengendarai mobil dengan transmisi manual menggunakan gigi dua saja, akselerasi mobil akan berkurang setelah mencapai batas dari putaran mesin. Yakni ketika jarum pada RPM akan berada di garis merah dan mobil akan mulai kesulitan untuk menambah kecepatan.

Bila diberikan gigi transmisi, pengemudi mobil bisa memindahkan gigi transmisi yang memiliki rasio gigi yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan lebih memudahkan pengemudi untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan tanpa harus melebihi dari kemampuan putaran mesin.

Bila dilihat, Anda akan menemukan perbedaan yang signifikan antara mobil dengan transmisi manual dan otomatis ini.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pedal koping serta tuas untuk perpindahan gigi yang tidak akan ditemukan pada mobil dengan sistem transmisi otomatis.(mus)

Sumber

Posted in News and tagged , , .