Ulasan Spesifikasi Mesin, Eksterior, Interior dan Harga Suzuki S Cross

Suzuki S-Cross adalah mobil berjenis Crossover yang dikeluarkan Suzuki Indomobil Sales (ATPM Suzuki Indonesia) tahun 2016, mobil ini mengusung konsep SUV ringan 5 penumpang. Sangat nyaman di medan aspal dan juga masih cukup tangguh di medan offroad ringan, Suzuki S Cross ini sejatinya adalah penerus dari Suzuki SX-4 akan tetapi dimodifikasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera masyarakat Indonesia misalnya; body dibuat lebih lega sehingga meskipun berkapasitas 5 penumpang akan tetapi sangat nyaman (tidak berdesakan) dan juga barang bawaan bisa ditampung di bagasi yang cukup luas
EksteriorSecara dimensi Suzuki S-Cross memiliki panjang: 4300 mm, lebar: 1765 mm, tinggi: 1580, body yang cukup lebar ini membuat sangat nyaman semua penumpang, terlebih kapasitas bagasi yang cukup besar dapat memuat barang dengan volume sampai 430 liter.
Kenyamanan penumpang Suzuki S Cross makin lengkap dengan adanya fitur AC double climate dan Head unit dengan lebar 7 inch yang bisa terkoneksi dengan smartphone untuk menampilkan GPS/ fitur lain dan juga bisa dikoneksikan dengan kamera parkir.
Ground Clearance Suzuki S Cross 180 mm atau 18 cm cukup baik untuk melibas track aspal dan juga jalanan offroad ringan seperti jalanan tanah, S Cross memiliki jarak sumbu roda/ whellbase 2600 mm, radius putar 5,2 meter
Interior
Uniknya Suzuki S-Cross ini selain memiliki kabin yang luas juga tersedia banyak ruangan penyimpanan barang seperti barang bawaan pada bagasi, dan juga tempat minuman ringan.

 
Pengemudi juga merasa cukup puas dengan adanya fitur cruise control yang bisa mengatur kecepatan mobil konstan pada kecepatan tertentu (sangat bermanfaat di jalan bebas hambatan). Tuas Paddle Shift juga dijejalkan pada transmisi matic mobil ini jadi meskipun nanti pengemudi memilih yang S-Cross matic akan tetapi pecinta otomotif masih bisa berkendara dengan sensasi mobil manual jika mengubah pengaturan gigi lewat tuas Paddle Shift yang ada dibalik lingkar kemudi. Selain itu tombol “Start stop engine” membuat mengendarai mobil ini layaknya mobil balap yang mana untuk menghidupkan mesin hanya dengan pencet tombol maka mobil bisa hidup (juga mematikannya).
Pengemudi juga masih dimanjakan dengan fitur tilt steering yang mana lingkar kemudi bisa ditinggi-rendahkan sesuai dengan keinginan pengemudi (sangat nyaman untuk perjalanan jauh dan tidak mudah capek), selain itu MID juga dijejalkan untuk memantau kondisi mobil dengan mudah dan akurat.
Tak lupa untuk keselamatan Suzuki S Cross membenamkan airbags pada baris depan mobil, immobilizer, rem ABS, Keyless entry dan central door lock, al four power window, rain sensing wiper, dll
MesinSuzuki S Cross memakai mesin bensin berkapasitas 1500 cc (1491 cc) dengan kode mesin M15A, mesin ini memakai 4 silinder segaris dengan jumlah katup 16 valve.
Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 109 tenaga kuda pada putaran mesin 6000 Rpm, torsi yang bisa dicapai adalah 138 Nm pada 4400 Rpm.
Suzuki mengklaim jika mesin S-Cross memiliki performa yang sangat baik karena dibuat dengan bahan alumunium yang mudah dingin dan juga hemat bahan bakar…konsumsi bahan bakar mobil ini adalah 1:14,5 (1 liter untuk 14,5 kilometer)


Suzuki S-Cross rencananya hanya tersedia 1 varian saja yakni yang telah disebutkan diatas spesifikasinya (tidak ada varian lain) akan tetapi untuk transmisinya ada dua macam yakni manual 5 percepatan dan matic 6 percepatan + paddle shift. Jadi pecinta otomotif nantinya masih bisa memilih antara Suzuki S-Cross matic+paddle atau bertransmisi manual.

Harga

Suzuki S Cross diperkirakan dijual dengan harga 250 juta sampai 300 juta rupiah, mobil yang tersedia dalam 4 warna (biru, putih, silver dan abu-abu) ini mulai dijual hari ini 7 april di IIMS 2016. Akan tetapi saat artikel ini ditulis belum ada update harga dari Suzuki, beberapa hari kedepan akan kami update harga

Posted in News and tagged , , .